7/18/2014

Manfaat Sehat dan Cara Pengobatan Menggunakan Jahe Merah

Manfaat Sehat dan Cara Pengobatan Menggunakan Jahe Merah -
unikposts -
Jahe Merah, Red Ginger (zingiber officinale var rubrum) atau yang disebut juga sebagai Zingiber officinale Roxb var Rubra atau Zingiberaceae Officinale Roscoe atau Zingiberaceae Officinale Rose, merupakan jenis tanaman semusim yang mana tumbuhan ini memiliki panjang 40 sampai 50 sentimeter.
Manfaat Sehat dan Cara Pengobatan Menggunakan Jahe Merah
Jahe Merah
Diperkirakan jahe berasal dari India. Namun ada pula yang mempercayai bahwa jahe berasal dari Republik Rakyat Cina Selatan. Dari India, jahe dibawa sebagai rempah perdagangan hingga Asia Tenggara, Tiongkok, Jepang, hingga Timur Tengah. Kemudian pada zaman kolonialisme, jahe yang bisa memberikan rasa hangat dan pedas pada makanan segera menjadi komoditas yang populer di Eropa. Siapa sangka di balik bentuknya yang kecil mungil ini terkandung banyak manfaat Jahe Merah untuk kesehatan. Apabila anda telah membaca artikel ini, dapat dipastikan anda akan terkesima dan kagum dengan manfaat jahe merah untuk kesehatan tubuh.

Lantas apa perbedaan Jahe merah ini dengan Jahe biasa? Diketahui bahwa Jahe Merah ini memiliki kandungan minyak atsiri tinggi dan rasa paling pedas, sehingga sangat cocok untuk bahan dasar farmasi dan jamu. Ukuran rimpangnya paling kecil dengan kulit warna merah muda, dagingnya sedikit coklat, dan seratnya lebih kasar dibanding jahe biasa. Jahe merah digunakan di seluruh dunia sebagai bahan masakan pedas, rempah-rempah dan obat herbal. Cina, India, Malaysia, Arab, Afrika dan Indonesia, jenis tanaman berumbi ini banyak digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional secara turun temurun sejak ratusan tahun lalu.

Bagi Anda yang penasaran dengan manfaat jahe merah, mari kita simak manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan dari tanaman yang kaya akan manfaat ini.

Jahe merah diketahui mampu mengobati batuk, sakit kepala, muntah-muntah (emetic), pegal-pegal, radang tenggorokan (bronchitis), demam (fevers), encok, sakit pinggang, gangguan lambung, kurang darah (anemia), kurang daya penglihatan, masuk angin (expectorant), menurunkan berat badan, menurunkan tekanan tinggi, mencegah penggumpalan darah, perut buncit, dapat menambah stamina (tonikum), sebagai obat bengek (asma), obat jerawat, obat pencahar (laxative), obat untuk melawan gejala penyakit (alophathia), membersihkan kotoran dalam tubuh, dan dapat mengatasi pencernaan yang kurang baik.

Beberapa pengobatan menggunakan Jahe Merah:

Untuk mengatasi stroke

Bahan-bahan yang diperlukan:
- Siapkan jahe merah 20 gram
- Mengkudu 40 gram 
- Pule pandak 20 gram
- Daun dewa 30 gram 
- Daun cermai 20 gram
- Air untuk minum 4 gelas 

Cara Membuatnya: Setelah semua dicuci, dirajang atau diiris. Kemudian rebus dengan air 4 gelas hingga air rebusan tersisa 1,5 (satu setengah) gelas dan setelah itu disaring.

Cara Konsumsi: Sebaiknya di minum 3 kali pada pagi, siang, dan sore setelah makan, sekali minum-(setengah) gelas. 

Untuk mengatasi tulang keropos

Bahan-bahan yang diperlukan:
- siapkan jahe merah segar 20 gram
- Kacang hijau 30 gram 
- Kapulaga 10 gram
- Merica 15 gram
- Kayumanis 20 gram
- Air 4 gelas

Cara Membuatnya: Bahan-bahan dicuci bersih dan dilumatkan atau dimemarkan. Kemudian rebus hingga air rebusan tersisa 2 gelas dan kemudian disaring.

Cara Konsumsi: Minum 2 kali sehari pada pagi dan sore hari setelah makan. Sekali minum 1 gelas. Supaya rasanya lebih nikmat, sebaiknya tambahkan 2 sendok makan madu.

Untuk mengatasi asma 

Bahan-bahan yang diperlukan:
- Siapkan jahe merah segar 20 gram 
- Daun smbiloto segar 30 gram
- Daun randu 30 gram 
- Daun lampes 20 gram 
- Air untuk minum 4 gelas

Cara Membuatnya: Semua bahan setelah dicuci bersih, diiris atau dirajang kecil dan kemudian rebus hingga air rebusan tersisa 2 gelas lalu disaring. Selanjutnya sajikan.

Cara Konsumsi: Minum 2 kali sehari pada pagi dan sore hari setelah makan. Sekali minum 1 gelas. Supaya rasanya lebih segar, bisa ditambahkan madu dan perasan jeruk nipis.

Untuk mengatasi rematik

Cara Pertama
Bahan-bahan yang diperlukan:
- jahe merah segar 20 gram
- Temulawak 20 gram
- Cabe jawa 20 gram
- kumis kucing 30 gram
- Daun komfrey 30 gram
- Air untuk minum 4 gelas

Cara Membuatnya: Semua bahan dicuci bersih dan kemudian dirajang atau diiris tipis. Lalu direbus, tunggu hingga air rebusan tersisa 2 gelas dan kemudian disaring.

Cara Konsumsi: Minum 2 kali pada pagi dan sore hari. Sekali minum 1 gelas.  Supaya rasanya lebih segar, tambahkan 2 sendok makan madu dan perasan jeruk nipis.

Cara Kedua
Bahan-bahan yang diperlukan:
- siapkan jahe merah segar 20 gram
- Daun dewa segar 30 gram
- Irisan kering mahkota dewa 20 gram
- Daun menira segar 30 gram
- Daun sendok 30 gram
- Air untuk minum 4 gelas

Cara Membuatnya: semua bahan dicuci bersih kemudian diiris atau dirajang kecil-kecil. Lalu direbus, tunggu hingga air rebusan tersisa 2 gelas dan kemudian saring.

Cara Konsumsi: minum 2 kali sehari pada pagi dan sore hari. Sekali minum 1 gelas. Jika suka, tambahkan madu.

Bagaimana, sangat banyak bukan manfaat Tanaman Obat yang satu ini, siapa yang menyangka di baik Tumbuhan yang sederhana ini terkandung banyak manfaat yang terkandung di dalamnya, dan tentunya semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.
Manfaat Sehat dan Cara Pengobatan Menggunakan Jahe MerahTitle : Manfaat Sehat dan Cara Pengobatan Menggunakan Jahe Merah ~ unikposts
Description : Jahe Merah, Red Ginger (zingiber officinale var rubrum) atau yang disebut juga sebagai Zingiber officinale Roxb var Rubra atau Zingiberacea...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|