7/05/2014

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan yang Belum Anda Ketahui

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan yang Belum Anda Ketahui -
unikposts -
Sirsak dalam bahasa latin disebut Annona muricata L atau lebih dikenal sebagai tanaman buah. Akan tetapi, seiring dengan penelitian terhadap tanaman tersebut, kini populer sebagai tanaman obat. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa tanaman sirsak mengandung banyak khasiat terutama sebagai pengobatan. 
Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan yang Belum Anda Ketahui
Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan yang Belum Anda Ketahui
Bangsa Belanda yang pertama kali membawa benih atau bibit sirsak ke Indonesia, meski tanaman ini aslinya bukan berasal dari Eropa tapi dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Sirsak termasuk jenis tanaman yang memiliki akar kuat, mampu menghasilkan buah yang menyehatkan. Namun selain buahnya, ternyata daun sirsak juga memiliki keajaiban dalam hal kesehatan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh The National Cancer Institute yang hasilnya menyatakan bahwa batang dan daun sirsak efektif untuk menyerang dan menghancurkan sel-sel kanker dalam tubuh. Hal tersebut terjadi karena sangat tingginya senyawa proaktif dalam daun sirsak bagi tubuh kita. Senyawa tersebut merupakan senyawa yang jarang ditemukan pada tumbuhan lain. Selain Amerika, negara Korea juga telah melakukan penelitian terhadap daun sirsak dan mereka menemukan bahwa senyawa kimia yang berperan selektif mampu membunuh sel kanker usus besar. Tak tanggung tanggung bahkan keampuhannya 10 ribu kali lebih berpotensi sebagai obat kemoterapi yang ditemukan dalam sirsak. Namun dibalik khasiatnya itu ternyata senyawa ini selektif memilih sel target kanker sehingga tidak merusak sel-sel yang sehat. Tidak hanya di mancanegara, berbagai lembaga penelitian di Indonesia juga mulai melakukan penelitian-penelitian untuk menguak rahasia dibalik sirsak ajaib ini.

Adapun keistimewaan yang dimiliki tanaman ini terletak pada daunnya yang luar biasa. Manfaat daun sirsak untuk wasir merupakan satu dari sekian banyak manfaat daun sirsak untuk kesehatan Anda. Daun sirsak memang sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam jenis penyakit. Seperti telah diketahui daun sirsak sangat luar biasa yakni mampu menghambat pertumbuhan bakteri, membantu menghambat mutasi gen, membantu menghambat perkembangan virus, membantu menghambat perkembangan parasit, membantu menghambat pertumbuhan tumor, membantu merileksasi otot, sebagai anti kejang, membantu meredakan nyeri, mampu menekan peradangan, menurunkan kadar gula darah, menurunkan demam, menurunkan tekanan darah tinggi, menguatkan saraf, membantu menyehatkan jantung, membantu meningkatkan produksi asi pada itu hamil, membantu melebarkan pembuluh darah, menghambat penuaan dini, mengobati bisul, mengatasi asam urat, mengurangi stres, menguatkan pencernaan dan meningkatkan selera makan. Untuk lebih jelasnya, berikut cara pengobatan menggunakan daun sirsak

Mengobati wasir
Wasir sering juga disebut dengan ambeien, sedangkan dalam bahasa inggris disebut dengan hemorrhoid. Penyakit wasir ini bisa digolongkan kedalam stadium ringan sampai dengan berat. Selain bawang merah, daun sirsak juga bermanfaat untuk mengobati wasir. Adapun cara pengobatannya yaitu pertama-tama ambil buah sirsak matang, kemudian ambil airnya dengan cara diperas. Minum dua kali sehari satu cangkir pada pagi dan sore.

Menyembuhkan kanker
Bagi anda yang mempunyai anggota keluarga yang menderita penyakit kanker, mungkin terapi daun sirsak ini bisa menjadi solusi. Sebaiknya untuk rutin mengkonsumsi air rebusan daun sirsak. Adapun cara pengobatannya yaitu pertama-tama sediakan 10 lembar daun sirsak yang sudah tua (berwarna hijau tua), kemudian rebus dengan 3 gelas air dan tunggu hingga tersisa 1 gelas. Setelah itu minumlah 2 kali per hari selama 2 minggu/sampai penyakit anda benar-benar sembuh. Untuk mengetahui apakah ada perkembangan atau tidaknya, silahkan anda lakukan konsultasi dengan dokter.

Mengobati sakit pinggang
Ambil sebanyak 20 lembar daun sirsak tua, lalu direbus dengan menggunakan 5 gelas air, tunggu hingga mendidih dan airnya menjadi 3 gelas. Kemudian minum ramuan obat dari daun sirsak ini sebanyak satu kali sekali setiap 3/4 gelas.

Mengobati luka luar, bisul, bekas jatuh dan luka bakar
Selain jus mentimun yang ampuh mengobati luka bakar ringan, daun sirsak juga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan yang sama. Adapun cara pengobatannya yaitu pertama-tama sediakan daun pisang secukupnya, lalu tumbuk hingga halus, atau bisa juga diblender. Setelah itu tempelkan pada bagian yang terluka atau bisul. 

Mengobati eksim dan rematik
Selain cabai merah yang ampuh mengobati rematik, ternyata daun sirsak juga memiliki khasiat yang sama. Cara pengobatannya yaitu terlebih dahulu siapkan 10 helai daun sirsak yang tua kemudian dihaluskan. Setelah itu langsung tempelkan pada bagian yang terkena sakit eksim atau rematik. Lakukan pengobatan tradisional yang ampuh ini hingga sembuh.

Tidak berlebihan memang kalau kita mengatakan sirsak menyimpan keajaiban luar biasa.  Bayangkan, berdasarkan penelitian di beberapa negara, sirsak terbukti 10.000 kali lebih ampuh mengobati kanker ketimbang teknologi kemoterapi. Padahal secara medis kemoterapi dikenal sebagai langkah pengobatan terbaik kanker, meski dengan segala efek sampingnya yang juga terbukti memberatkan si penderita.

Kesimpulannya, khasiat daun sirsak sebagai obat kanker adalah salah satu yang terbaik yang pernah ditemukan dalam penelitian. Pada zaman dahulu, hasil penelitiannya dirahasiakan untuk kepentingan industri. Namun saat ini Anda bisa mengetahui dengan mudah manfaat dan cara pengobatan menggunakan daun sirsak. Selain itu, manfaat sirsak ternyata tidak hanya terdapat dibagian daunnya saja, tapi buah dan kulitnya pun mempunyai manfaat untuk pengobatan kanker. Benar-benar sirsak itu ajaib!
Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan yang Belum Anda KetahuiTitle : Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan yang Belum Anda Ketahui ~ unikposts
Description : Sirsak dalam bahasa latin disebut Annona muricata L  atau lebih dikenal sebagai tanaman buah. Akan tetapi, seiring dengan penelitian terhad...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|