7/16/2014

Manfaat Sehat Buah Srikaya yang Wajib untuk Diketahui

Manfaat Sehat Buah Srikaya yang Wajib untuk Diketahui -
unikposts -
Srikaya adalah jenis tanaman yang tergolong ke dalam genus Annona yang berasal dari daerah tropis. Buah srikaya memiliki ciri-ciri berbentuk bulat dengan kulit bermata banyak. Daging buahnya biasa berwarna putih. Buah yang memiliki rasa manis ini merupakan tanaman perdu yang bisa tumbuh di daerah mana saja seperti tanah berbatu, kering, di pekarangan, dan bahkan tanpa di tanam atau dibiarkan saja tanaman ini juga akan bisa hidup asal terkena sinar matahari yang cukup.
Manfaat Sehat Buah Srikaya yang Wajib untuk Diketahui
Buah Srikaya (Karya sendiri)
Pada umumnya buah srikaya ini akan mulai berbuah setelah berusia 3 hingga 5 tahun dan ketinggiannya dapat mencapai kurang lebih 8 meter. Sebetulnya bukan hanya pada daging buahnya saja yang bisa dimanfaatkan akan tetapi hampir seluruh bagian tanaman ini bisa dimanfaatkan mulai dari daun, buah, biji, akar, hingga kulit kayu nya. Berikut beberapa manfaat buah srikaya bagi kesehatan.

Salah satu manfaat buah srikaya yang sudah dikenal adalah sebagai anti diare, menyembuhkan sembelit, dan melancarkan pencernaan. Kandungan gizi utama buah srikaya meliputi energi yang mencapai 101 kalori untuk setiap 100 gram, karbohidrat 35,2 gram, dan protein 1,7 gram, dan serat 0,7 gram.

Begitu juga dengan kandungan mineralnya yang cukup besar adalah kalsium sebanyak 27 mg, fosfor 20 mg, dan zat besi 0,8 mg. Sedangkan kandungan vitaminnya yang cukup banyak adalah vitamin C sebanyak 22 mg, sedangkan vitamin B1 hanya sebanyak 0,08 mg, dan B2 (0,04 mg). Pada sejumlah penelitian, juga ditemukan beberapa senyawa pada buah srikaya yang telah masak diantaranya yaitu asam aminobutirat, arginin, ornitin, serta sitrulin yang berguna dalam mengatasi berbagai jenis parasit, khususnya yang menyerang kulit tubuh maupun kepala. Berikut ini ada beberapa manfaat buah srikaya yang mungkin belum anda ketahui.

1. Mencegah tulang keropos
Pengeroposan massa tulang biasanya terjadi seiring bertambahnya usia. Namun, hal tersebut dapat dicegah dengan cara mengkonsumsi buah srikaya yang memiliki kandungan kalsium. Sebab kalsium memang diperlukan dalam hal mencegah tulang keropos. Selain itu, kandungan fosfor yang terdapat pada buah srikaya juga dapat bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi.

2. Menjaga kesehatan otak
Tubuh kita memerlukan fosfor untuk membangun dan memelihara jaringan otak. Kecukupan fosfor di otak dapat membantu aktivitas otak dalam berpikir dan mengingat. Bagi anda yang ingin cerdas, buah srikaya ini adalah jawabannya.

3. Memperbaiki kulit
Vitamin C mengandung antioksidan yang banyak yang juga dibutuhkan oleh kulit, di mana antioksidan berfungsi untuk menetralkan radikal bebas yang menumpuk akibat terkena paparan sinar matahari. Sudah tentu dengan rutin mengkonsumsi buah srikaya, Anda akan memiliki kulit yang sehat.

4. Melawan kanker
Dengan adanya kandungan vitamin C pada srikaya sehingga dapat bermanfaat untuk melawan kanker.

5. Menurunkan resiko serangan jantung
Vitamin C dapat menghilangkan aterosklerosis yang berada di dalam jantung. Aterosklerosis merupakan suatu keadaan dimana arteri jantung menebal dan dapat meningkatkan terjadinya serangan jantung sebab darah menjadi tidak lancar. Hanya dengan rutin mengkonsumsi srikaya, tentunya masalah ini dapat diatasi karena kandungan vitamin C yang terdapat pada buah srikaya cukup tinggi.

6. Mencegah katarak
Apabila kekurangan vitamin C lensa mata akan menjadi buram sehingga dapat menyebabkan pandangan anda menjadi kabur. Kebetulan, srikaya ini kaya akan vitamin C, sehingga dapat mengatasi masalah katarak jika dikonsumsi secara rutin. Selain itu, kandungan vitamin B1 dan B2 pada buah srikaya dapat bermanfaat untuk kesehatan mata.

7. Mengontrol tekanan darah
Tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian mendadak pada orang yang menderitanya. Mengkonsumsi buah srikaya secara rutin dapat mengontrol tekanan darah.

8. Mencegah stroke
Salah satu penyebab stroke adalah kekurangan vitamin C, jadi dengan rutin mengkonsumsi buah srikaya yang tinggi vitamin C akan dapat membantu Anda terhindar dari stroke.

9. Mencegah diabetes
Sebagaimana yang kita tau bahwa srikaya memiliki kandungan Vitamin C yang cukup tinggi sehingga mampu untuk menurunkan kadar gula yang terdapat dalam tubuh dan dapat pula mencegah efek buruk dari diabetes pada penderitanya.

10. Meningkatkan mood
Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan perubahan psikologis. Bagi yang baru sembuh dari sakit, ada baiknya untuk mengembalikan mood Anda dengan cara mengkonsumsi buah srikaya. Selain itu, kandungan vitamin B1 pada buah srikaya juga ampuh untuk meningkatkan selera makan. Bagi yang sering merasa gelisah, dan sebagainya juga dianjurkan untuk mengkonsumsi buah bermanfaat ini.

11. Membantu pencernaan
Berkat adanya vitamin B1 pada buah srikaya sehingga dapat membantu tubuh dalam hal mengeluarkan asam hidroklorat yang penting untuk proses pencernaan makanan. Selain itu, kandungan fosfos yang terdapat pada buah srikaya juga ampuh untuk membantu pencernaan.

12. Mencegah jerawat
Jerawat merupakan masalah paling sering kita hadapi. Namun jangan panik sebab dengan adanya kandungan vitamin B2 pada buah srikaya tentu sangat bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan jerawat karena riboflavin ini dapat membantu untuk mengeluarkan minyak pada kulit sehingga akan berkurangnya jumlah jerawat pada wajah.

Tanpa kita sadari, ternyata banyak manfaat yang dimiliki buah srikaya. Mulai saat ini sebaiknya anda tak perlu ragu untuk mengkonsumsi buah kaya khasiat ini, sebab akan memberikan berbagai manfaat. Sebagai tambahan, manfaat buah srikaya ini saya tulis berdasarkan kandungan yang dimilikinya.
Manfaat Sehat Buah Srikaya yang Wajib untuk DiketahuiTitle : Manfaat Sehat Buah Srikaya yang Wajib untuk Diketahui ~ unikposts
Description : Srikaya adalah jenis tanaman yang tergolong ke dalam genus Annona yang berasal dari daerah tropis. Buah srikaya memiliki ciri-ciri berbentu...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|