7/12/2014

45 Keajaiban Wisata Bersejarah di Berbagai Penjuru Dunia

45 Keajaiban Wisata Bersejarah di Berbagai Penjuru Dunia -
unikposts -
Di berbagai penjuru dunia ini banyak terdapat tempat wisata bersejarah yang menakjubkan. Beberapa destinasi wisata, tak hanya indah di mata wisatawan karena pemandangannya. Beberapa diantaranya bahkan begitu fenomenal. Tempat wisata bersejarah seakan membuat kita kembali mengingat lagi bagaimana keadaan masa lalu. 
45 Keajaiban Wisata Bersejarah di Berbagai Penjuru Dunia
45 Keajaiban Wisata Bersejarah di Berbagai Penjuru Dunia
Beberapa peninggalan tersebut merupakan bukti akan saksi sejarah yang ada di dunia. Tempat-tempat wisata bersejarah itu dapat kita lihat sampai sekarang. Seperti halnya tempat-tempat wisata bersejarah berikut. 

1. Easter Island, Chile
Sebuah pulau Polinesia di Samudra Pasifik tenggara. Pulau Paskah adalah sebuah pulau milik Chili. Walaupun jaraknya 3.515 km sebelah barat Chili Daratan, secara administratif ia termasuk dalam Provinsi Valparaiso. Pulau Paskah berbentuk seperti segitiga. Pulau Paskah terkenal dengan 887 patung-patung monumental. Ini adalah Situs Warisan Dunia dengan banyak pulau yang dilindungi dalam Taman Nasional Rapa Nui.

2. Machu Pichu, Perup

Sebuah lokasi reruntuhan Inca pra-Columbus yang terletak di wilayah pegunungan pada ketinggian sekitar 2.350 meter di atas permukaan laut. Machu Picchu berada di atas lembah Urubamba di Peru, sekitar 70 km barat laut Cusco. Kebanyakan arkeolog percaya bahwa Machu Picchu dibangun sebagai kawasan untuk kaisar Inca Pachacuti (1438-1472). Sering disebut sebagai "The Lost City of the Incas".

3. Teotihuacan, Meksiko

Situs arkeologi besar yang terletak di lembah Meksiko, Meksiko, dan melingkupi beberapa struktur piramida yang didirikan pada zaman pra-Colombus. Selain struktur piramidal, Teotihuacan juga dikenal dengan kompleks perumahan yang besar. "Teotihuacan" diambil dari bahasa Aztec Nahuatl, berarti tempat kelahiran dewa. Menurut lagenda orang Aztec, di sinilah para dewa berkumpul untuk merancang penciptaan kehidupan. 

4. Palenque, Meksiko

Situs arkeologi Maya di dekat Sungai Usumacinta di negara bagian Chiapas, Meksiko, terletak 130 km sebelah selatan Ciudad del Carmen. Palenque adalah kota negara bagian di Meksiko selatan yang berkembang pada abad ketujuh Masehi. 

5. Château de Chambord, Perancis

Merupakan salah satu Châteaux yang paling dikenal di dunia karena sangat berbeda dengan arsitektur Renaissance Perancis yang memadukan bentuk-bentuk tradisional Perancis abad pertengahan dengan struktur Italia klasik. Bangunan, yang tidak pernah selesai, dibangun oleh Raja François I.

6. Chartres Cathedral, Perancis

Terletak di Chartres, sekitar 80 kilometer dari Paris. Katedral Chartres dianggap sebagai salah satu contoh terbaik dari arsitektur gothic Perancis. Gereja ini dibangun pada 1145, namun dihancurkan oleh kebakaran pada 1194, dan dibangun kembali antara 1194 dan 1220 .

7. Pont du Gard, Perancis

Pont du Gard adalah saluran air di Selatan Perancis yang dibangun oleh Kekaisaran Romawi, dan terletak di vers-du-Pont-Gard dekat Remoulins, departemen Gard. Pont du Gard dibangun oleh Marcus Vipsanius Agrippa (63 - 12 BC) menantu dari Caesar Augustus. Pont du Gard berfungsi sebagai pemasok air bagi Romawi ke Uzès dari Nimes (dahulu kota kuno Romawi yang bernama Nemausus). 

8. Acropolis of Athens, Yunani

Citadel Athena atau Akropolis Athena, merupakan akropolis yang paling terkenal di dunia. Meskipun ada banyak akropolis di Yunani, namun signifikansi Akropolis Athena sangat besar sampai-sampai kata akropolis kebanyakan merujuk pada akropolis ini. Acropolis adalah batu beratap datar yang berada pada ketinggian 150 meter di atas permukaan laut di kota Athena, dengan luas permukaan sekitar 3 hektar.

9. Archaeological Site of Delphi, Yunani

Sebuah situs arkeologi dan kota modern Yunani di selatan-barat Gunung Parnassus di lembah Phocis. Delphi adalah situs dari Orakel Delphi, peramal yang paling penting di dunia Yunani klasik, dan situs utama untuk penyembahan dewa Apollo. Pada abad 6 SM, Delphi merupakan pusat agama dan simbol kesatuan dunia Yunani kuno.

10. Epidaurus Theater, Yunani

Teater terbesar di yunani saat itu, bisa menampung lebih dari 15 ribu orang. Epidaurus adalah sebuah kota kecil di Yunani kuno, di Teluk Saronic. Epidaurus tidak terlepas dari Argos dan tidak termasuk dalam Argolis sampai zaman Romawi. Dengan wilayahnya yang mendukung, membentuk wilayah kecil yang disebut Epidauria. Terkenal sebagai tempat kelahiran putra Apollo Asclepius, penyembuh, Epidaurus dikenal sebagai tempat kudus yang terletak 8 km dari kota, serta teater, yang masih digunakan sampai saat ini.

11. Meteora, Yunani
Meteora adalah kompleks biara-biara ortodoks Timur paling besar dan paling penting di Yunani. Persisnya, biara-biara ini dibangun di puncak gunung batu Athos. da enam biara di kompleks ini. Persisnya berada di kawasan Thessaly, dekat sungai Pineios, tepi barat laut Yunani Tengah. Yang cukup menarik adalah akses menuju biara yang sangat sulit. Konon, dulunya untuk mencapai biara digunakan tanggap panjang atau semacam jala yang dipakai untuk menaikkan dan menurunkan barang, termasuk manusia. Dibutuhkan kekuatan iman untuk bisa mencapai biara ini.

12. Colosseum, Italia

Kolosseum adalah sebuah peninggalan bersejarah berupa arena gladiator, dibangun oleh Vespasian. Awalnya, adalah sebuah elips amfiteater di pusat kota Roma, Italia, komplek terbesar yang pernah dibangun di Kekaisaran Romawi. Kolosseum dianggap salah satu karya terbesar dari arsitektur Romawi dan rekayasa Romawi. Mampu menampung 50.000 penonton, Kolosseum digunakan untuk kontes gladiator dan acara publik. 

13. Grand Canal Of Venice, Italia

Grand Canal adalah sebuah kanal di Venesia, Italia. Ini merupakan salah satu koridor lalu lintas utama air di kota. Transportasi umum disediakan oleh bus air (vaporetto) dan taksi air swasta, dan banyak wisatawan menjelajahi kanal dengan gondola. Grand Canal membentuk salah satu koridor lalu lintas air terbesar di Italia. 

14. Pompeii, Italia

Sebuah kota zaman Romawi kuno yang telah menjadi puing dekat kota Napoli dan sekarang berada di wilayah Campania, Italia. Pompeii hancur oleh letusan gunung Vesuvius pada 79 M. Pompeii adalah reruntuhan di Naples modern di wilayah Italia Campania, di wilayah Comune di Pompeii. Seiring dengan kota tetangga (Herculaneum), Pompeii hancur sepenuhnya dan terkubur selama bencana letusan gunung berapi Vesuvius pada 79 Masehi.

15. Piazza del Campo, Italia

Piazza del Campo adalah ruang publik utama pusat bersejarah Siena, Tuscany, Italia dan dianggap sebagai salah satu kota abad pertengahan terbesar di Eropa. Piazza del Campo terkenal di seluruh dunia karena keindahan dan integritas arsitektur dan merupakan salah satu tempat pemerintahan terbesar abad pertengahan di Eropa.

16. Hieronymites Monastery, Portugal

Terletak di distrik Belem Lisbon, Portugal. Biara megah ini dapat dianggap sebagai salah satu monumen yang paling menonjol di Lisbon dan tentunya merupakan salah satu prestasi paling berhasil dari gaya Manueline (Portugis akhir-Gothic).

17. Alhambra, Spanyol

Alhambra adalah nama sebuah kompleks istana juga benteng yang megah dari kekhalifahan bani ummayyah di Granada, Spanyol bagian selatan, yang mencakup wilayah perbukitan di batas kota Granada. Alhambra dibangun pada abad ke 14 oleh penguasa Moor dari Granada Emirat di Al-Andalus. Istana ini dibangun sebagai tempat tinggal khalifah beserta para pembesarnya.

18. Chillon Castle, Swiss

Château de Chillon (Chillon Castle) adalah sebuah benteng pulau yang terletak di tepi Danau Jenewa di komune Veytaux, di ujung timur danau, 3 km dari Montreux, Swiss. Kastil ini terdiri dari 100 bangunan independen yang secara bertahap terhubung menjadi bangunan besar.

19. Stonehenge, Inggris

Stonehenge adalah monumen prasejarah yang terletak di daerah Wiltshire di Inggris, sekitar 3,2 kilometer barat Amesbury dan 13 kilometer utara Salisbury. Stonehenge merupakan suatu bangunan yang dibangun pada zaman Perunggu, dan Neolitikum.

20. Piramida, Mesir

Diyakini piramida ini dibangun sebagai makam untuk Firaun dinasti ke-empat Mesir Khufu (Cheops dalam bahasa Yunani) dan dibangun selama periode 20 tahun. Piramida Agung terdiri dari lebih dari 2,3 juta blok batu kapur dan tanah liat.

21. Abu Simbel, Mesir

Sebuah situs arkeologi yang terdiri dari dua kuil batu di selatan Mesir tepatnya di ujung Danau Nasser atau sejauh 290 kilometer barat daya kota Aswan. Abu Simbel merupakan bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO. Candi kembar ini awalnya dipahat dari gunung pada masa pemerintahan Firaun Ramses II di abad ke-13 SM, sebagai monumen abadi untuk dirinya dan ratunya Nefertari, untuk memperingati kemenangan di Pertempuran Kades.

22. Karnak, mesir

Meliputi reruntuhan kuil, tiang dan bangunan-bangunan lainnya, terutama Kuil Agung Amen dan bangunan besar yang dibangun oleh Firaun Ramesses II (1391–1351 SM), yang terletak di dekat Luxor, sekitar 500 km sebelah selatan Kairo, Mesir. Daerah sekitar Kompleks Kuil Karnak atau biasa disebut Karnak adalah Mesir kuno Ipet-isut dan tempat utama pemujaan Triad Theban dengan dewa Amun sebagai pemimpin.

23. Mortuary Temple of Hatshepsut, mesir

Terletak di bawah tebing di Deir el Bahari di tepi barat Sungai Nil dekat Lembah Para Raja di Mesir. Dirancang oleh arsitek Senemut, kuil kamar mayat didedikasikan untuk dewa matahari Amon-Ra dan terletak di sebelah pura mayat dari Mentuhotep II dan sebuah tambang. Kuil ini dianggap sebagai salah satu "monumen Mesir kuno yang tak tertandingi".

24. Leptis Magna, Libya

Leptis Magna, juga dikenal sebagai Lectis Magna, juga disebut Lpqy atau Neapolis, adalah kota utama pada masa Kekaisaran Romawi. Reruntuhannya berada di Al Khums, Libya, 130 km di timur Tripoli, pada pantai di mana Wadi Lebda bertemu lautan. Situs ini merupakan salah satu reruntuhan Romawi yang paling spektakuler di Mediterania. Leptis Magna didirikan oleh koloni Phoenician sekitar tahun 1100 SM.

25. Timbuktu, Mali

Sebuah kota di Region Timbuktu, di negara Afrika Barat Mali. Bangunan ini dibuat oleh mansa ke-sepuluh Kekaisaran Mali, Mansa Musa. Timbuktu adalah rumah bagi Sankore University dan madrasah lainnya, juga merupakan modal intelektual dan spiritual serta pusat penyebaran Islam di seluruh Afrika pada abad ke-15 dan 16.

26. Angkor Wat, Kamboja

Sebuah kuil atau candi yang terletak di kota Angkor, Kamboja. Angkor Wat dibangun oleh Raja Suryawarman II pada pertengahan abad ke-12. Pembangunan kuil Angkor Wat memakan waktu selama 30 tahun. Angkor Wat merupakan candi terbaik yang terawat dan satu-satunya pusat keagamaan penting di Kamboja.

27. Tembok Besar Tiongkok, China

Tembok Besar Tiongkok atau Tembok Raksasa Tiongkok, juga dikenal di Tiongkok dengan nama Tembok Sepanjang 10.000 Li¹ merupakan bangunan terpanjang yang pernah dibuat oleh manusia. Tembok ini terletak di Tiongkok.

28. Forbidden City, China
Kota Terlarang, sering disebut juga dengan "Istana Terlarang", terletak persis di tengah-tengah kota kuno Beijing, merupakan istana kerajaan selama periode Dinasti Ming dan Dinasti Qing. Selama hampir lima abad, tempat ini dijadikan sebagai rumah Kaisar dan keluarganya, serta pusat upacara dan politik dari pemerintah Cina. 

29. Terracotta Army, China

Pasukan terakota atau Tentara terakota adalah kumpulan koleksi dari 8.099 terakota berbentuk tokoh prajurit, 130 kereta dengan 520 kuda dan 150 kuda kavaleri dengan ukuran asli yang terletak di dekat makam dari Kaisar pertama dinasti Qin,Qin Shi Huang. Banyak arkeolog percaya bahwa ada banyak lubang masih menunggu untuk ditemukan.

30. Hanging Temple of Hengshan, China

Terletak di tebing. Candi hanging merupakan salah satu atraksi wisata utama dan situs sejarah di daerah Datong. Dibangun lebih dari 1.500 tahun yang lalu.

31. Leshan Giant Buddha, China

Leshan Giant Buddha atau Buddha Raksasa Leshan, adalah patung Buddha Maitreya yang sedang duduk Terletak di timur Kota Leshan, Provinsi Sichuan, Cina. Patung ini dipahat di lereng sebuah bukit pada abad ke-8 Masehi di pertemuan tiga sungai. Ini adalah batu berukir Buddha terbesar di dunia. Tingginya 71 meter, patung itu menggambarkan seorang Buddha Maitreya duduk dengan tangan bertumpu di lututnya.

32. Taj Mahal, India

Sebuah makam yang terletak di Agra, India, dibangun oleh Kaisar Mughal Shah Jahan untuk mengenang istri persianya, Mumtaz Mahal. Taj Mahal dianggap sebagai salah satu contoh terbaik dari arsitektur Mughal, gaya yang menggabungkan elemen dari Persia, India, dan gaya arsitektur Islam.

33. Harmandir Sahib, India

Harmandir Sahib "Golden Temple", adalah tempat ibadah umat Sikh yang terletak di kota Amritsar, Punjab, India. Dibangun oleh guru Sikh keempat, Guru Ramdaas Sahib Ji, pada abad ke-16. Pada 1604, Guru Arjun menyelesaikan Adi Granth, kitab suci Sikhisme, dan memasangnya di Gurudwara. Harimandir Sahib dianggap suci oleh Sikh. Teks suci Sikhisme, Guru Granth Sahib, selalu hadir dalam Gurdwara. Pembangunannya terutama dimaksudkan untuk membangun tempat ibadah dari semua lapisan masyarakat dan semua agama untuk datang dan menyembah Tuhan yang sama.

34. Gua Ajanta, India
Terletak di Maharashtra, India, adalah monumen gua yang berusia 2 SM, terdiri dari lukisan dan skulptur yang dianggap sebagai karya besar seni religius Buddha. Gua ini terletak di luar desa Ajinṭhā, distrik Aurangabad, Maharashtra. Gua Ajanta di Maharashtra merupakan salah satu dari banyak peninggalan kuno yang ada di India. Di gua ini banyak terdapat lukisan juga patung-patung Buddha bernilai seni tinggi. 

35. Meenakshi Sundareswarar Temple, India

Meenakshi Amman Temple juga disebut: Temple Sundareswarar Meenakshi, Thiru-Alavai dan Meenakshi Amman Kovil, adalah candi Hindu bersejarah yang terletak di tepi selatan Sungai Vaigai di kota kuil di Madurai, Tamil Nadu, India. Candi ini didedikasikan untuk Parvati, yang dikenal sebagai Meenakshi, dan Shiva. Candi membentuk jantung dan jalur kehidupan kota tua 2.500 tahun dari Madurai dan merupakan simbol yang signifikan bagi rakyat Tamil, disebutkan sejak jaman dahulu dalam literatur Tamil meskipun struktur sekarang dibangun antara 1623 dan 1655 CE.

36. Borobudur, Indonesia

Sebuah kubah utama, terletak di pusat paling atas, dikelilingi oleh 72 patung Buddha duduk di dalam stupa yang berlubang. Perjalanan untuk peziarah dimulai di dasar monumen dan mengikuti jalan keliling monumen sambil naik ke atas melalui tiga tingkat kosmologi Buddhis, yaitu Kamadhatu (dunia keinginan), Rupadhatu (dunia bentuk) dan Arupadhatu (dunia tak berbentuk). Selama perjalanan pemandu monumen para peziarah melalui sistem tangga dan koridor dengan 1.460 panel relief cerita pada dinding.

37. Prambanan, Indonesia
Candi Prambanan merupakan tempat wisata bersejarah di Indonesia yang terletak di Yogyakarta yang letaknya tidak begitu jauh dari Candi Borobudur. Candi Prambanan sering disebut juga Candi Roro Jonggrang. Bagian tepi pada candi ini dibatasi pagar langkan (tembok penutup lorong yang dibangun di sekeliling candi) lengkap dengan hiasan relief yang menceritakan tentang Ramayana, dapat kita lihat dengan berjalan mengelilingi area candi melalui lorong. Ada dua candi lainnya yang saling berhadapan yang letaknya masih satu halaman dengan Candi Prambanan dengan ketinggian 16 meter.

38. Kinkaku-ji, Jepang

Kuil Buddha Zen di Kyoto, Jepang. Kinkaku-ji adalah salah satu pembangunan yang merupakan Budaya Kitayama periode Muromachi. Kinkaku-ji dibangun pada 1397 sebagai vila bagi Shogun Ashikaga Yoshimitsu dan sebagian dari kekayaannya yang kemudian dikenal sebagai Kitayama.

39. Bagan, Myanmar

Sebuah kota kuno di Divisi Mandalay Burma (Myanmar). Bagan, sebelumnya Pagan, adalah kota kuno di Divisi Mandalay, Myanmar. Sebelumnya dijuluki Arimaddanapura atau Arimaddana dan juga disebut Tambadipa atau Tassadessa. Kota ini merupakan ibukota beberapa kerajaan kuno di Burma. 

40. Banaue Rice Terraces, Filipina

Teras Sawah Banaue sebuah teras persawahan tua yang berusia 2000 tahun yang terletak di pegunungan di provinsi Ifugao, Filipina. Teras sawah ini diciptakan oleh suku asli Batad. Terasering tua berumur 2000-tahun yang diukir di pegunungan Ifugao di Filipina oleh nenek moyang penduduk asli.

41. Wat Phra Kaew, Thailand
Wat Phra Kaew atau Kuil Budha Zamrud mempunyai nama lengkap Wat Phra Sri Rattana Satsadaram, adalah kuil Budha terpenting di Thailand. Kuil ini terletak di tengah kota Bangkok, distrik Phra Nakhon, di area istana utama. Dianggap sebagai candi Budha paling suci di Thailand. Pembangunan kuil dimulai ketika Raja Buddha Yodfa Chulaloke (Rama I) memindahkan ibukota dari Thonburi ke Bangkok pada 1785. Tidak seperti candi lain, Wat Phra Kaew tidak menyediakan tempat tinggal bagi para rahib, melainkan hanya dihiasi bangunan suci, patung, dan pagoda.

42. Wat Arun, Thailand
Wat Arun ialah candi Buddha yang terletak di distrik Bangkok Yai di Bangkok, Thailand, tepatnya di barat hulu sungai Chao Phraya. Nama panjang dari candi ini adalah Wat Arunratchawararam Ratchaworamahavihara.

43. Petra, Yordania
Sebuah situs arkeologikal di Yordania, terletak di dataran rendah di antara gunung-gunung yang membentuk sayap timur Wadi Araba, lembah besar yang berawal dari Laut Mati sampai Teluk Aqaba. Petra terkenal dengan bangunan arsitektur yang dipahat pada batuan serta sistem pengairannya. Petra adalah kota yang didirikan dengan memahat dinding batu simbol teknik dan perlindungan. Kota ini didirikan dengan mengali dan mengukir cadas setinggi 40 meter. 

44. Katedral St. Basil, Rusia
Katedral St.Basil dibangun antara tahun 1554 - 1561 dan terletak di jantung kota Moskow. Katedral ini termasuk salah satu tempat wisata di Rusia yang terbaik dan populer. Katedral ini memiliki artefak dan interior bangunan yang sangat menarik untuk dikunjungi, dan juga arsitektur khas dari katedral ini. Katedral St.Basil Dirancang menyerupai bentuk api unggun yang sedang menyala penuh, arsitektur bangunan ini tidak hanya unik di periode pembangunannya tapi untuk setiap periode berikutnya. 

45. Sigiriya, Sri Langka
Sigiriya adalah sisa-sisa peninggalan istana kuno yang terletak di atas bukit batu. Sigiriya atau Batu Singa, begitu sebutannya. Terletak di Matale District, Sri Lanka, dikelilingi oleh hutan, waduk, juga kebun. Letaknya yang unik, ditambah dengan pemandangan menakjubkan, membuat Sigiriya banyak dikunjungi wisatawan. Melihat dari udara, Sigiriya seperti lukisan kuno yang mengingatkan orang pada Ajanta Caves di India. Sigiriya dibangun pada masa pemerintahan Raja Kassapa I yang memerintah dari 477-495 AD. Tempat ini adalah satu dari tujuh peninggalan kuno yang dimiliki Sri Langka. Diduga, Sirigiya didiami sejak masa pra-sejarah. Lalu, pada abad ke-5 BC, tempat ini dipakai sebagai biara.
45 Keajaiban Wisata Bersejarah di Berbagai Penjuru DuniaTitle : 45 Keajaiban Wisata Bersejarah di Berbagai Penjuru Dunia ~ unikposts
Description : Di berbagai penjuru dunia ini banyak terdapat tempat wisata bersejarah yang menakjubkan. Beberapa destinasi wisata, tak hanya indah di mata...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|