7/30/2014

Punya Masalah dengan Panu?

Punya Masalah dengan Panu? -
unikposts -
Panu atau Tinea versicolor adalah jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Umumnya penyakit panu ditandai oleh bercak yang terdapat pada kulit disertai rasa gatal pada saat berkeringat. Bercak-bercak ini bisa berwarna putih, coklat atau merah tergantung kepada warna kulit penderita. Beda halnya dengan jerawat yang terlihat menonjol di kulit, panu justru tidak menonjol dan biasanya akan terasa gatal apalagi jika terkena keringat. Jenis jamur yang menyebabkan panu yaitu Candida albicans. Panu merupakan penyakit kulit yang sebenarnya tidak mematikan namun keberadaan panu pada kulit tentunya akan mengakibatkan kurangnya rasa percaya diri. Selain itu, penyakit kulit ini juga dapat menyebabkan rasa gatal saat terkena keringat.
Punya Masalah dengan Panu?
PanuPunya Masalah dengan Panu?
Penyakit kulit yang satu ini memang merupakan penyakit yang sangat tidak membuat nyaman bagi penderitanya. Jika anda punya masalah dengan panu? Berikut ini ada beberapa tips atau cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan panu secara cepat efektif dan alami.

1. Sereh
Serai atau sereh adalah tumbuhan anggota suku rumput-rumputan yang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan makanan. Meski sereh adalah jenis bumbu dapur, namun batang sereh bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan panu. Caranya yaitu batang sereh dimemarkan (bagian bawah) sampai mengeluarkan air, kemudian oleskan batang sereh tersebut pada bagian kulit tubuh yang berpanu. Lakukan 2-3 kali seminggu setelah mandi sore.

2. Pucuk daun pare

Pare adalah jenis tumbuhan merambat yang berasal dari wilayah Asia Tropis, terutama daerah India bagian barat, yaitu Assam dan Burma. Umumnya pare dibudidayakan untuk dimanfaatkan sebagai sayuran maupun bahan pengobatan. Untuk pengobatan khususnya panu, anda bisa menggunakan pucuk daun pare. Caranya yaitu pucuk daun pare dicampur dengan kapur sirih, kemudian tumbuk halus. Setelah halus, oles dan gosokkan pada bagian kulit tubuh yang terkena panu.

3. Lengkuas
Lengkuas atau laos adalah jenis tumbuhan umbi-umbian yang bisa hidup di daerah dataran tinggi atau dataran rendah. Umumnya masyarakat memanfaatkannya sebagai campuran bumbu masak dan pengobatan tradisional. Salah satu pengobatan tradisional yaitu digunakan untuk mengobati panu. Caranya adalah lengkuas diparut atau diblender kemudian dicampur dengan minyak tanah, setelah itu gosokkan pada bagian yang berpanu.

4. Bawang putih

Bawang putih ialah nama tanaman dari genus Allium. Umbi dari tanaman bawang putih merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia. Meski demikian, ternyata bawang putih ini bisa digunakan sebagai obat alternatif untuk mengobati panu. Caranya sangat mudah yaitu satu siung bawang putih diiris menjadi beberapa bagian, kemudian oleskan irisan bawang putih tersebut pada bagian kulit tubuh yang berpanu. Lakukan pada pagi dan malam hari secara teratur hingga panu mengering dan hilang.

5. Bunga kenanga
Ada dua forma kenanga, yaitu macrophylla, yang dikenal sebagai kenanga biasa, dan genuina, dikenal sebagai kenanga filipina atau ylang-ylang. Selain itu, masih dikenal pula kenanga perdu (Cananga odorata fruticosa), yang banyak ditanam sebagai hiasan di halaman rumah. Selain memiliki aroma khas dan harum, bungan kenanga juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati panu. Caranya yaitu beberapa tangkai bunga kenanga (Bungong Seulanga) ditumbuk sampai halus, kemudian campur dengan minyak kelapa dan sedikit belerang. Oleskan pada kulit yang berpanu.

6. Kunyit

Kunyit atau kunir, adalah jenis tanaman rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia bahkan hingga ke Afrika. Salah satu kegunaan kunyit sebagai tanaman obat yaitu bisa dimanfaatkan untuk obat panu. Caranya hampir sama seperti ramuan lengkuas, kunyit diparut atau diblender kemudian dicampur dengan garam kasar atau garam kristal. Setelah itu oleskan pada bagian kulit yang berpanu.

7. Daun kemangi
Kemangi adalah jenis terna kecil yang daunnya biasa dimakan sebagai lalap. Aroma daunnya khas, kuat namun lembut seperti aroma limau. Daun kemangi merupakan salah satu campuran bumbu untuk membuat pepes. Selain sebagai bumbu, daun kemangi ini bisa digunakan sebagai obat panu. Caranya cukup mudah yaitu daun kemangi ditumbuk, campur dengan kapur sirih, mentimun dan belerang secukupnya. Setelah itu ramuan ini dioleskan dibagian kulit yang berpanu.

8. Belerang

Belerang atau sulfur ialah salah satu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang S. Belerang merupakan unsur non-logam yang tidak berasa. Dalam bentuk aslinya, belerang adalah sebuah zat padat kristalin kuning. Anda bisa menggunakan belerang untuk mengobati panu. Pertama-tama ambil belerang secukupnya dan tumbuk halus. Kemudian campur dengan minyak kelapa dan jeruk nipis secukupnya. Setelah itu oleskan pada bagian kulit yang berpanu dan lakukan secara rutin hingga panu benar-benar hilang.

9. Pucuk daun leunca
Ranti atau leunca adalah jenis tumbuhan anggota suku terung-terungan yang buahnya dikenal sebagai sayuran dan juga menjadi bahan pengobatan. Salah satu manfaat leunca sebagai tanaman obat yaitu dapat digunakan untuk mengobati panu. Caranya sangat mudah yaitu pucuk daun leunca dicampur dengan garam kristal. Setelah tercampur rata kemudian bungkus dengan daun pisang, lalu dikukus. Setelah matang, oleskan pada bagian kulit yang terkena panu.

10. Kulit pohon pinang

Sejenis palma yang tumbuh di daerah Pasifik, Asia dan Afrika bagian timur. Pinang juga merupakan nama buahnya. Hal yang menarik dari pinang adalah kulitnya bermanfaat untuk menghilangkan panu. Untuk mengobati panu pertama-tama ambil bagian kulit pohon pinang yang masih berwarna hijau dengan cara diserut menggunakan pisau, kemudian hasil serutan tersebut dioleskan pada bagian kulit yang berpanu.
Punya Masalah dengan Panu?Title : Punya Masalah dengan Panu? ~ unikposts
Description : Panu atau Tinea versicolor adalah jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Umumnya penyakit panu ditandai oleh bercak yang terdapat...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|