10/25/2014

10 Fakta Mengejutkan seputar Olahraga untuk Kesehatan Tubuh

10 Fakta Mengejutkan seputar Olahraga untuk Kesehatan Tubuh -
unikposts -
Olahraga merupakan sebuah aktivitas untuk melatih tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani namun juga secara rohani. Gampangnya, berolahraga tidak hanya untuk mengencangkan otot dan meningkatkan stamina tubuh semata. Melainkan ada banyak manfaat lain seperti efek psikologi, dan ini membuktikan bahwa berolahraga memiliki multi manfaat.
10 Fakta Mengejutkan seputar Olahraga untuk Kesehatan Tubuh

Beberapa fakta berikut ini menunjukkan kebenaran dari manfaat berolahraga dan mudah-mudahan dengan menghadirkan fakta-fakta unik dan menarik ini kita akan segera menyadari bahwa tidak ada alasan bagi kita untuk tidak berolahraga.

1. Berolahraga bikin tidur lebih nyenyak
Jika Anda tergolong orang yang baru bangun menjelang malam, latihan olahraga akan membantu mengeluarkan energi pada puncak rutinitas Anda sepanjang hari. Setelah melakukan latihan, tubuh yang lelah akan membuat Anda cepat mengantuk. Hasilnya, Anda dapat tidur lebih pulas dan bangun dalam kondisi lebih segar. Yang mengejutkan, ternyata olahraga juga sangat baik jika dilakukan saat malam hari; meski diketahui akan meningkatkan suhu tubuh dan mengaktifkan sistem simpatetik. Tapi suhu tubuh yang naik akibat olahraga memang membuat orang sulit tidur. Tapi penurunan suhu tubuh yang cepat setelah olahraga akan mengundang rasa kantuk. Meski demikian, berolahraga di pagi hari jauh lebih menyehatkan karena Anda bisa memperoleh sinar matahari dan juga udara yang segar.

2. Penurunan berat badan bukanlah tujuan yang utama
Berolahraga memang menurunkan beberapa kilogram dari tubuh anda, akan tetapi manfaat dari berolahraga tidak hanya untuk mencegah kelebihan berat badan semata. Menggunakan olahraga hanya sebagai alat untuk menurunkan berat badan tidak akan menjadi motivator yang kuat bagi seseorang untuk berhasil. Hal ini terjadi karena orang biasanya tidak sabar dan ingin melihat hasilnya dalam sekejap. Penurunan berat badan melalui olahraga tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Itulah sebabnya mengapa motivasi dalam berolahraga tidak disarankan pada penurunan berat badan. Ada banyak tujuan yang lebih meyakinkan seperti merasakan hidup yang lebih baik, memiliki lebih banyak energi, mengurangi stres dan lain sebagainya. Karenanya, luangkan waktu untuk berolahraga tidak peduli seberapa sibuknya anda.

3. Berolahraga dapat membantu untuk meningkatkan kapasitas otak
Perlu diketahui bahwa, serotonin merupakan suatu hormon di otak yang berfungsi sebagai modulator kapasitas kerja otak yang mencakup pengatur stabilitas emosi, pemahaman dan selera makan. Jadi, orang yang melakukan olahraga dengan jumlah cukup akan menemukan produktivitas mereka meningkat. Produktivitas seseorang tidak hanya berarti orang tersebut dapat memberikan kualitas kerja yang baik, akan tetapi ia juga dapat memberikan kontribusi untuk suasana kerja yang damai di tempat kerja.

4. Berolahraga dapat meningkatkan stamina tubuh
Setelah dilakukan selama beberapa minggu secara konsisten, seseorang akan dapat merasakan perbedaan dalam tubuhnya. Otot-otot telah dikembangkan dan perkembangan ini dapat dirasakan ketika ia melakukan tenis, golf, bola basket atau olahraga lain yang membutuhkan kekuatan otot. Pada saat itu penambahan kekuatan yang berasal dari otot-otot bisa dirasakan, kata Atkinson. Selain itu, otot-otot akan dapat bekerja lebih efisien, lebih cepat bereaksi dan tentunya daya tahan tubuh juga akan meningkat.

5. Menggerakkan tubuh akan membantu mencairkan stres
Dengan berolahraga tentu akan memberikan efek relaksasi yang baik untuk semua orang. Itu sebabnya ketika seseorang mulai berlatih, ia akan segera mengetahui bahwa hal itu akan mengurangi stres dan membuatnya menjadi pribadi yang lebih bahagia. Ketika seseorang bahagia, maka efeknya tidak hanya menguntungkan bagi orang itu sendiri. Melainkan, kondisi ini nantinya akan menyebabkan orang tersebut menjadi tidak mudah marah.

6. Berolahraga dapat memperbaiki diet
Ketika anda sedang beristirahat, otot akan membakar lebih banyak kalori ketimbang lemak tubuh. Dengan demikian, semakin banyak otot yang kita miliki, maka semakin baik pula metabolisme yang kita alami. Tentu pembakaran kalori tidak hanya terjadi ketika anda berada dalam kondisi beristirahat, namun ketika berolahraga juga. Dengan tingkat metabolisme yang baik, seseorang dapat memiliki pola makan yang sehat. Selama tidak terlalu berlebih, setiap makanan favorit dapat dikonsumsi.

7. Berolahraga akan memberikan energi
Meskipun hanya 30 menit sehari, ternyata berolahraga dapat mengubah hari seseorang dari pagi sampai malam hari. Ketika endorphin dilepaskan ke dalam darah selama berolahraga, seseorang akan merasa lebih energik sepanjang hari. Endorphin adalah senyawa kimia dalam otak kita yang dapat membuat otak menjadi rileks. Jika anda mengeluhkan merasa lelah setelah berlatih, sebenarnya kelelahan umumnya terjadi pada beberapa sesi pertama pasca berolahraga karena tubuh tidak terbiasa. Setelah itu, kelelahan akan berangsur-angsur menghilang.

8. Berolahraga bantu memompa jantung agar berfungsi lebih baik
Dengan melakukan olahraga dapat membuat jantung anda kuat. Fungsi jantung dan sistem kardiovaskular bekerja lebih efektif, dan ini dapat mengurangi plak dalam pembuluh darah yang dapat mempersempit aliran darah, sehingga jantung akan memompa darah lebih baik. Menurut penuturan Todd A. Astorino dari California State University-San Marcos, jika jantung anda menjadi lebih kuat, masing-masing pompa akan memberikan sejumlah besar darah dan ini dapat memperlambat detak jantung anda.

9. Bagi yang mau, tidak sulit mencari waktu untuk berolahraga
Di dunia ini banyak orang yang berasumsi bahwa mereka tidak punya waktu untuk berolahraga. Kemudian, tidak memiliki peralatan tertentu seperti sepatu olahraga. Sebenarnya, berolahraga bisa dimulai dari pemikiran sederhana, “Berpikir bahwa kita melempar satu batu dan mengenai dua pohon.” Itu berarti anda benar-benar melakukan dua hal atau mendapatkan dua keuntungan dengan melakukan satu kegiatan. Untuk berolahraga, anda bisa memilih tempat yang memiliki jogging track, taman, kolam renang atau fasilitas lain yang dapat digunakan untuk berolahraga. Anda bahkan dapat berolahraga saat melakukan tugas-tugas rumah. Yang penting adalah rutin menggerakkan tubuh anda.

10. Berolahraga dapat membantu mencegah penyakit
Menurut beberapa penelitian menunjukkan bahwa berolahraga dapat memperlambat dan mencegah penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes, osteoporosis dan banyak penyakit lainnya. Tak tanggung-tanggung, bahkan berolahraga dapat memperlambat proses penuaan dan juga meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan memiliki sistem imun tubuh yang lebih baik, maka setidaknya anda dapat mengurangi kemungkinan terkena penyakit flu dan penyakit umum lainnya.
10 Fakta Mengejutkan seputar Olahraga untuk Kesehatan TubuhTitle : 10 Fakta Mengejutkan seputar Olahraga untuk Kesehatan Tubuh ~ unikposts
Description : Olahraga merupakan sebuah aktivitas untuk melatih tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani namun juga secara rohani. Gampangnya, berolah...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|
-->