10/10/2014

Kenali Gejala Sakit Jantung dan Buah yang Bermanfaat untuk Mengatasinya

Kenali Gejala Sakit Jantung dan Buah yang Bermanfaat untuk Mengatasinya -
unikposts -
Jantung adalah rongga organ berotot yang berfungsi untuk memompa darah lewat pembuluh darah. Jantung merupakan satu otot tunggal yang terdiri dari lapisan endothelium dan hampir sepenuhnya diselubungi oleh paru-paru, namun tertutup oleh selaput ganda yang bernama perikardium, yang menempel pada diafragma. Sakit jantung adalah sebuah kondisi yang dapat menyebabkan jantung tidak berfungsi. Kondisi ini biasanya terjadi mendadak, dan sering disebut gagal jantung. Kekurangan kalium di dalam darah (hipokalemia) bisa menyebabkan gangguan jantung. Selain untuk kontraksi otot-otot tubuh, kalium juga berfungsi sebagai pengantar listrik syaraf ke seluruh tubuh. Kalium yang memadai dalam tubuh berfungsi sebagai penyeimbang asam-basa tubuh.
Kenali Gejala Sakit Jantung dan Buah yang Bermanfaat untuk Mengatasinya
Buah Semangka
Gangguan keseimbangan ini akan mengganggu kondisi tubuh secara keseluruhan. Ketidakseimbangan ini lebih mencemaskan bila sudah mengganggu fungsi jantung sehingga terjadi gangguan irama jantung. Untuk mencegah dan mengatasinya, penuhi kebutuhan kalium tubuh. Kalium bisa didapatkan dari susu skim, burger, daging, dan tomat. Namun, asupan kalium terbesar dapat diperoleh dari buah-buahan.

Penyakit jantung merupakan penyakit fatal No.1 di Indonesia, bahkan di dunia. Mengapa hal itu bisa terjadi? Penyebabnya adalah banyak para penderita sakit jantung yang mengabaikan gejala-gejala penyakit jantung. Hal ini bisa dimaklumi mengingat tidak banyak orang yang tahu seperti apa ciri-ciri dan gejala sakit jantung. Berikut ini gejala-gejala penyakit jantung yang sering diabaikan yakni lelah berkepanjangan, sering berkeringat, mual, merasa cemas, nyeri pada bagian tubuh, nyeri di dada, sakit kepala, denyut jantung tak teratur, sesak napas, pembengkakan pada kaki dan perut.

Kolesterol dan lemak berlebih dalam tubuh dikaitkan sebagai faktor pemicu gangguan jantung. Karenanya, anda perlu mengetahui dan mewaspadai gejala sakit jantung yang muncul secara tiba-tiba seperti. Tiba-tiba pingsan, namun bisa kembali sadar. Ini terjadi karena ada gangguan irama jantung. Gejala selanjutnya yaitu tiba-tiba sakit di bagian dada, dibelakang tulang dada atau seperti sesak dada. Nyeri dada bisa berulang beberapa menit (20 menit atau lebih). Rasa nyeri bisa berupa tekanan di bagian dada, dan leher seolah tercekik hingga menyebabkan keluar keringat dingin. Jadi, jika Anda mengalami gejala-gejala seperti di atas, segera bawa penderita ke Rumah Sakit. Kalau didiamkan akan berakibat fatal.

Di antara buah-buahan, semangka dan pisang paling banyak mengandung kalium yang sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Sedikitnya 1 - 2 buah pisang sehari dapat mencukupi kebutuhan tubuh akan kalium. Sumber kalium lain adalah kurma dan kismis. Tomat juga cukup banyak mengandung kalium. Dalam takaran sedang, tomat memberikan 340 mg kalium, separuh kandungan kalium dalam pisang. Selain itu jeruk, alpukat, dan stroberi sama banyak kandungan kaliumnya. Jadi, inilah beberapa jenis buah-buahan yang berguna bagi kesehatan jantung.
Kenali Gejala Sakit Jantung dan Buah yang Bermanfaat untuk MengatasinyaTitle : Kenali Gejala Sakit Jantung dan Buah yang Bermanfaat untuk Mengatasinya ~ unikposts
Description : Jantung adalah rongga organ berotot yang berfungsi untuk memompa darah lewat pembuluh darah. Jantung merupakan satu otot tunggal yang terdi...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|