10/17/2014

Tips Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Tips Mengatasi Kulit Wajah Berminyak -
unikposts -
Kulit berminyak atau yang dalam bahasa Inggris disebut oily skin, adalah jenis kulit yang paling rentan terhadap jerawat. Karenanya, kita harus melakukan perawatan yang benar untuk jenis kulit berminyak ini. Jika dirawat dengan benar, jenis kulit ini juga berpotensi awet muda. Secara umum, kulit berminyak dicirikan dengan kadar minyak yang berlebih pada kulit, khususnya pada wajah. Tipe kulit ini bahkan akan berminyak hanya beberapa jam setelah mandi atau membersihkan wajah. Kulit berminyak bisa jadi bersifat genetik (diturunkan), tetapi bisa juga disebabkan oleh pubertas, yang mengakibatkan kelenjar minyak memproduksi sebum secara berlebih. Selain itu, kulit berminyak dapat disebabkan oleh stres dan terpapar oleh panas atau suhu yang terlalu lembab. Kadar minyak berlebih biasanya tampak pada “T-zone” di wajah, seperti dahi, hidung dan dagu.
Tips Mengatasi Kulit Wajah Berminyak
Kulit Wajah Berminyak
Adapun ciri lain dari kulit berminyak adalah berupa pori-pori yang tampak besar, kulit yang kusam dan mengkilap, serta keberadaan komedo dan jerawat. Jenis kulit berminyak ditandai dengan lapisan kulit tanduk sering terkelupas. Memiliki elastisitas atau kelenturan kulit yang tinggi. Permukaan kulit tampak kasar dan lebih berminyak dibagian dagu, dahi dan hidung. Di kulit wajah banyak terdapat komedo dan pori pori besar. Sehabis dibersihkan, biasanya kulit wajah tampak mengkilap. Berikut ini kami rangkum untuk Anda, cara mengatasi dan merawat kulit wajah yang berminyak.

1. Konsumsi makanan yang tepat
Makanan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kulit. Karenanya, usahakan untuk menghindari makanan yang banyak mengandung lemak, dan pedas, karena kedua makanan ini justru memperparah wajah sehingga berminyak.

2. Gunakan pelembab bebas minyak
Ini mungkin terdengar aneh, tapi kulit berminyak bisa menjadi kering dan membutuhkan pelembab juga. Jika kulit berminyak menjadi kering, hal ini dapat menyebabkan produksi minyak tambahan. Sebaiknya gunakan pelembab yang bebas minyak dan ringan.

3. Air garam
Cara selanjutnya untuk mengatasi kulit berminyak, cuci muka dengan air hangat yang dicampur dengan Garam. Dengan demikian, minyak tidak akan muncul lagi. Supaya mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan setiap hari.

4. Salicylic acid
Asam salisilat mengelupas kelenjar produksi minyak dan folikel, serta mengurangi jumlah minyak yang dikeluarkan oleh kulit. Jadi, ketika Anda ingin membeli pembersih atau krim wajah, cari yang mengandung zat ini.

5. Mentimun
Selain untuk menyegarkan mata, mentimun juga sangat baik untuk perawatan kulit berminyak. Blender mentimun dan aplikasikan menjadi masker selama kurang lebih setengah jam. Setelah itu basuh dengan air. Lakukan dua kali dalam satu minggu

6. Gunakan tabir surya
Jika ingin melindungi kulit berminyak dari sinar UV, sebaiknya pilih tabir surya dengan SPF 30 atau lebih. Selain itu, pastikan jika tabir surya tersebut tidak mengandung pelembab di dalamnya.

7. Daun seledri
Potong kecil-kecil daun seledri dan masukkan ke dalam air yang sedang mendidih. Setelah itu di dinginkan, setelah cukup dingin, cuci wajah dengan air daun seledri tersebut. Supaya obat alami tersebut bekerja, biarkan mengering di wajah, lalu bilas dengan air. Lakukan satu kali sehari.

8. Pisang, susu, dan madu
Buah berkulit kuning ini sangat efektif untuk mengatasi masalah kulit berminyak lain, yaitu jerawat dan pori-pori membesar. Caranya pertama-tama lumatkan pisang, lalu campur dengan susu dan madu, kemudian gunakan sebagai masker selama kurang lebih setengah jam. Setelah itu, bersihkan dengan air hangat dan terakhir bilas dengan air dingin. Lakukan 2 kali setiap minggu.

9. Jeruk nipis
Mengatasi kulit berminyak dengan jeruk nipis bisa dilakukan dengan menggosok kulit wajah dengan daging jeruk nipis secara merata. Tunggu selama kurang lebih 15 menit, kemudian bilas wajah dengan air. Lakukan secara rutin sehari satu kali.

10. Memakai krim malam
Sebelum tidur, usahakan anda memakai krim malam yang mengandung bahan alami. Salah satunya menggunakan masker bengkuang dan madu yang di oleskan di wajah. Hal ini bertujuan untuk membantu kulit wajah untuk me-regulasi kandungan air.

Tips - Jangan digosok, karena menggosok kulit dapat merusak kulit Anda, serta menyebabkan iritasi dan memperparah jerawat. Gunakan riasan wajah 2 kali dalam satu minggu, bahkan jika bisa hindari penggunaan foundation. Make up akan meningkatkan penyumbatan pori-pori dan membuat kulit Anda akan lebih rentan terhadap jerawat. Pilihlah tinted moisturizers, plain concealer, atau powder.

Jangan sering mencuci wajah, sebenarnya mencuci wajah dua kali sehari sudah cukup untuk menyingkirkan minyak dan kotoran berlebih. Jika Anda mencuci wajah lebih dari itu, maka dapat meningkatkan produksi minyak di wajah. Selain itu, hindari air dingin dan gunakan air hangat untuk mencuci wajah. Sangat penting untuk menjaga kulit berminyak tetap bersih. Anda dapat membersihkan wajah dua kali sehari untuk menyingkirkan minyak berlebih dan membersihkan pori-pori dari debu dan kotoran.

Apa yang Anda makan memiliki efek langsung pada kulit. Jika Anda memiliki kulit berminyak, sebaiknya konsumsi makanan yang kaya protein, vitamin B5 dan B2, sayuran berdaun hijau, dan buah segar. Selain itu, minum air putih sebanyak mungkin (sesuai anjuran untuk membantu membilas toksin) dan batasi asupan gula, garam, junk food, dan lemak tidak sehat lainnya.
Tips Mengatasi Kulit Wajah BerminyakTitle : Tips Mengatasi Kulit Wajah Berminyak ~ unikposts
Description : Kulit berminyak atau yang dalam bahasa Inggris disebut oily skin, adalah jenis kulit yang paling rentan terhadap jerawat. Karenanya, kita ...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|