10/15/2014

Manfaat Ajaib Daun Singkong untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Ajaib Daun Singkong untuk Kesehatan Tubuh -
unikposts -
Singkong, ketela pohon, atau ubi kayu (Manihot utilissima) adalah perdu tahunan tropika dan subtropika dari suku Euphorbiaceae. Singkong ialah nama lokal di kawasan Jawa Barat untuk tanaman ini. Nama "ubi kayu" dan "ketela pohon" dipakai dalam bahasa Melayu secara luas. Nama "ketela" secara etimologi berasal dari kata "castilla" (kastilya), karena tanaman ini dibawa oleh orang Portugis dan Castilla (Spanyol). Umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran. Tahukah Anda, umbi singkong merupakan sumber energi yang kaya karbohidrat namun sangat miskin protein.
Daun_singkong
Daun Singkong
Sumber protein yang bagus justru terdapat pada daun singkong, karena daun singkong mengandung asam amino metionina. Daunnya ini merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak diminati. Manfaat daun singkong ternyata cukup besar bagi kesehatan tubuh. Daun yang harganya relatif murah ini mudah ditemukan dan biasanya diolah menjadi sayuran berkuah, urapan, dan tumis. Daun singkong juga dapat ditemukan diresto khas Padang. Selain dapat dibuat berbagai olahan, daun ini memiliki rasa yang enak. Perlu diketahui juga daun singkong memiliki sejumlah manfaat dan nilai gizi yang penting untuk kesehatan tubuh. Zat yang terkandung didalam daun singkong antara lain vitamin A, vitamin C, amygdalin, kalsium, fosfor, lemak, hidrat arang, dan zat besi.

Dibalik manfaat daun singkong, ternyata ada kandungan zat yang sangat penting apabila dikonsumsi. Daun singkong mengandung mineral, vitamin, asam amino essensial, dan protein yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Protein nabati yang terkandung di dalam daun singkong berfungsi sebagai unsur untuk membangun sel-sel tubuh dan merupakan sistem komponen pembentuk enzim. Selain itu, kandungan asam amino yang ada pada hijau daun berfungsi sebagai pengubah karbohidrat menjadi energi. Asam amino pada daun singkong juga berguna untuk mempercepat pemulihan luka pada kulit, mengganti sel-sel yang rusak, menjaga kesehatan tulang, membantu daya ingat kita dengan baik, dan membantu sistem metabolisme dalam tubuh. Adapun untuk klorofil pada daun singkong berfungsi sebagai zat antioksidan dan antikanker.

Kandungan vitamin A yang terkandung di dalam daun singkong sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, daunnya memiliki sejumlah manfaat penting dan cocok bagi mereka yang sedang menjalankan program diet, karena daun singkong sangat rendah akan kalori. Dengan mengkonsumsi daun singkong akan memberikan efek rasa kenyang. Bagi mereka yang susah BAB, daun singkong mampu mengatasi sembelit dan melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, daun singkong juga dapat digunakan sebagai obat reumatik, sakit kepala, luka bernanah, flu, diare, mengatasi cacingan, meningkatkan stamina tubuh, dan mengobati asam urat.

Selain dijadikan sebagai penganan sehat, daun singkong juga bermanfaat sebagai obat herbal yang dapat langsung diminum airnya. Caranya sangat mudah, cukup merebus daun singkong dengan satu sampai dua gelas air putih dan bisa dicampur dengan jahe atau air kapur sirih. Air sisa rebusan tadi dapat diminum dan memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh kita. Cara selanjutnya yaitu, 50 gram daun singkong dicuci bersih dan direbus dengan 500 ml air dan biarkan hingga airnya tersisa setengah. Setelah itu, daun singkong tadi diblender dan dijadikan jus. Minum seminggu 3 kali sebanyak satu gelas setelah makan. Jika perlu, tambahkan 1 sendok jeruk nipis atau madu.
Manfaat Ajaib Daun Singkong untuk Kesehatan TubuhTitle : Manfaat Ajaib Daun Singkong untuk Kesehatan Tubuh ~ unikposts
Description : Singkong, ketela pohon, atau ubi kayu (Manihot utilissima) adalah perdu tahunan tropika dan subtropika dari suku Euphorbiaceae. Singkong ia...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|