10/04/2014

Keajaiban Manfaat Buah Pare bagi Kesehatan Tubuh

Keajaiban Manfaat Buah Pare bagi Kesehatan Tubuh -
unikposts -
Pare atau yang disebut juga sebagai peria, paria, pepare, paya, palia, adalah salah satu dari tumbuhan merambat yang diperkirakan berasal dari wilayah Asia Tropis, terutama daerah India bagian barat, yaitu Assam dan Burma. Menurut Wikipedia, Pare merupakan anggota suku labu-labuan atau Cucurbitaceae ini biasa dibudidayakan untuk dimanfaatkan sebagai sayuran maupun bahan pengobatan. Nama Momordica yang melekat pada nama binomialnya berarti "gigitan" yang menunjukkan pemerian tepi daunnya yang bergerigi menyerupai bekas gigitan.
Buah_pare
Buah Pare (Momordica charantia)
Tahukah anda, buah pare menjadi salah satu sayuran yang mempunyai sedikit penggemar. Penyebab utamanya adalah rasa pahit yang ada di dalam sayuran ini yang membuat banyak orang enggan untuk mengkonsumsinya. Tapi nyatanya, pare menyimpan sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh Anda terutama bagi Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan. Buah Pare mengandung albuminoid, karbohidrat, dan pigmen. Selain itu, pare juga mengandung beta-karotena dua kali lebih besar daripada brokoli. Berikut ini kami rangkum untuk Anda, beberapa manfaat mengejutkan dari buah pare bagi kesehatan tubuh yang perlu untuk diketahu.

1. Sebagai antidiabetes
Buah pare berfungsi untuk mengurangi kadar glukosa dalam darah dan meningkatkan toleransi glukosa. Sebagai obat diabetes, buah pare dapat disajikan sebagai teh karena terbukti tidak memiliki efek samping terhadap sistem pencernaan sehingga tepat dikonsumsi oleh penderita yang mengalami konstipasi.

2. Mencegah timbulnya penyakit kanker
Buah pare sangat kaya akan beta-karotena yang berperan penting dalam mencegah kanker. Kandungan beta-karotena yang terkandung di dalam buah ini, bahkan dua kali lebih banyak dari brokoli. Sehingga sangat baik untuk dijadikan salah satu buah yang bermanfaat untuk mencegah timbulnya penyakit kanker.

3. Mengurangi risiko penyakit jantung
Selain berguna untuk mencegah kanker, beta-karotena yang terkandung di dalam buah yang dalam bahasa Inggris disebut Bitter Melon ini juga berkhasiat untuk mengurangi atau meminimalisir risiko terkena penyakit janjung.

4. Mencegah infeksi virus
Tingginya kandungan beta-karotena yang terdapat di dalam buah yang memiliki nama ilmiah Momordica charantia ini juga sangat berkhasiat untuk mencegah infeksi virus.

5. Meningkatkan metabolisme tubuh
Manfaat buah pare yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Ya, salah satu alasan pare sangat bermanfaat untuk program diet Anda adalah karena pare berkhasiat untuk kesehatan sistem metabolisme Anda sehingga dapat mempercepat program penurunan berat badan.

6. Mengontrol kadar kolesterol
Rasa pahit yang ada di dalam buah pare bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Buah ini juga bermanfaat untuk program penurunan berat badan sebab dapat membantu Anda untuk mengurangi kadar lemak dalam tubuh.

7. Mengontrol berat badan
Buah pare juga mengandung serat yang dapat membuat perut Anda mudah terasa kenyang sehingga Anda dapat mengontrol makanan yang Anda konsumsi.

8. Menangkal dehidrasi
Pare mengandung air yang cukup tinggi sehingga dapat membuat Anda terhindar dari dehidrasi dan juga mencegah Anda untuk cenderung mengkonsumsi makanan lebih banyak.

9. Menyehatkan liver
Pare akan membantu mengeluarkan toksin dan lemak dari dalam liver sehingga tubuh Anda akan menjadi lebih sehat.

10. Melancarkan sistem pencernaan
Sayuran pare kaya dengan kandungan serat, vitamin C, kalium dan karoten. Serat yang terdapat pada buah pare ternyata sangat baik untuk membantu anda dalam mengatasi masalah pencernaan. Anda boleh menambah menu makan anda dengan beberapa olahan pare.

11. Mengatasi asma
Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti, mengkonsumsi pare dapat merespon indera pengecapan sehingga sel saluran pernapasan ikut aktif dan menyebabkan saluran pernapasan menjadi luas juga masuknya aliran udara lancar. Jadi, buah ini sangat baik bagi anda yang menderita asma.

12. Membuang toksin
Selain bermanfaat untuk menyehatkan liver, Buah pare juga berkhasiat untuk membuang toksin di dalam tubuh. Sehingga tidak hanya berat badan Anda saja yang turun, namun juga dapat membantu Anda meningkatkan sistem imun tubuh.

13. Menyeimbangkan kadar insulin dalam tubuh
Selain dapat digunakan untuk mengontrol kolesterol, rasa pahit yang ada di dalam pare juga bermanfaat untuk menstabilkan tingkat insulin di dalam tubuh Anda. Tingginya kadar insulin dapat menyebabkan Anda selalu merasa lapar sehingga membuat Anda cenderung untuk mengkonsumsi banyak makanan.

Dalam ramuan tradisional, buah pare biasanya ditumbuk hingga menghasilkan cairan pahit atau merebus daun serta buahnya sehingga menghasilkan air yang dapat diminum secara langsung. Pare adalah sayuran yang terbagi dalam 2 jenis yaitu pare yang berwarna hijau tua dan hijau muda yang tergantung pada tempat di mana mereka tumbuh. Ada banyak cara untuk menikmati pare seperti dikukus atau dijadikan tumisan. Selamat mencoba!
Keajaiban Manfaat Buah Pare bagi Kesehatan TubuhTitle : Keajaiban Manfaat Buah Pare bagi Kesehatan Tubuh ~ unikposts
Description : Pare atau yang disebut juga sebagai peria, paria, pepare, paya, palia, adalah salah satu dari tumbuhan merambat yang diperkirakan berasal d...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|