10/08/2014

Tips! 10 Cara Alami untuk Mengobati Gusi Bengkak karena Sakit Gigi

Tips! 10 Cara Alami untuk Mengobati Gusi Bengkak karena Sakit Gigi -
unikposts -
Gusi, terdiri dari jaringan mucosa yang menutupi tulang rahang. Warna gusi yang sehat umumnya disebut "coral pink." Warna lain seperti merah, putih dan biru dapat menandai adanya peradangan (gingivitis) atau kelainan lain. Menurut Wikipedia, meski menurut text book warna gusi disebut "coral pink", pigmentasi rasial normal membuat gusi berwarna lebih gelap. Karena warna gusi dipengaruhi oleh pigmentasi rasial. Sebenarnya, kesepahaman dalam warna lebih penting daripada warna yang ada.
Tips! 10 Cara Alami untuk Mengobati Gusi Bengkak karena Sakit Gigi
Ilustrasi gusi bengkak
Umumnya, gusi sehat memiliki permukaan halus dan bergelombang di depan tiap gigi. Gusi sehat menempati daerah interdental dengan tepat dan pas, berbeda dengan papilla gusi yang membengkak yang terdapat pada gingivitis, atau embrasure yang kosong pada penyakit periodontal. Gusi yang sehat melekat erat pada tiap gigi. Sementara, gusi yang meradang memiliki tepi yang menggelembung atau bulat.

Gusi sehat bertekstur padat, tahan terhadap adanya pergerakan. Tekstur ini kerap dideskripsikan sama seperti kulit jeruk. Sementara, gusi yang tidak sehat teksturnya membengkak dan seperti busa. Gusi sehat umumnya tidak berekasi terhadap gangguan normal seperti penyikatan atau periodontal probing. Sebaliknya gusi yang tidak sehat akan menunjukkan adanya perdarahan ketika probing / Bleeding On Probing (BOP) dapat disertai timbulnya cairan nanah.

Kebersihan mulut yang buruk dapat menyebabkan penyakit gusi dan merupakan salah satu penyebab utama kerusakan gigi. Gusi bengkak akan menimbulkan rasa sakit yang terus-menerus dan memerlukan bantuan dokter gigi untuk mengatasinya. Meski demikian, Anda juga dapat mengatasi gusi yang bengkak dengan cara pengobatan tradisional yang alami. Berikut ini kami rangkum untuk Anda, beberapa cara atau tips mudah dan alami untuk mengobati gusi bengkak karena sakit gigi.

1. Pijatan gusi
Ini adalah salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mengobati gusi yang bengkak. Adapun caranya cukup mudah yaitu menggunakan jari telunjuk anda. Cara memijatnya, cukup menggosok gusi secara melingkar dan perlahan. Jika terlalu sakit, anda juga dapat memijat dengan menyentuh pipi pada bagian gusi yang bengkak. Namun terlebih dahulu pastikan jari anda dalam keadaan bersih, sehingga tidak membawa bakteri lain yang dapat dengan mudah menginfeksi mulut.

2. Variasi diet
Cegah rasa sakit pada gusi dengan menghindari mengkonsumsi makanan yang menempel pada gusi dan dapat membangun plak, seperti roti putih. Sebaliknya, pilihlah makanan yang kaya akan kandungan vitamin C, seperti sayuran segar dan buah-buahan. Melakukan perubahan dalam diet alami dapat menenangkan gusi, terlebih lagi jika makanan mengandung banyak vitamin yang baik untuk penyembuhan dan kesehatan tubuh.

3. Berkumur dengan air garam hangat
Cara selanjutnya yaitu berkumur menggunakan air garam hangat. Air garam ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi gusi bengkak. Ini adalah salah satu cara yang sering diterapkan ketika kesehatan mulut bermasalah seperti ketika sakit gigi. Adapun caranya cukup campurkan 1 sendok garam dengan 1 gelas air hangat, dan langsung dikumur-kumur. Lakukan cara ini sebanyak 2 kali sehari.

4. Menggunakan obat kumur alami buatan sendiri
Ketika gusi bengkak, Anda dapat mempersiapkan obat kumur sendiri di rumah untuk mengobati sakit gusi. Caranya cukup menggunakan air dengan campuran hidrogen peroksida atau baking soda untuk obat kumur alami. Berkumur dengan campuran ini dapat mencegah sakit gusi. Lakukan beberapa kali sehari untuk mengobati gusi bengkak dan mencegah penyebaran bakteri dalam mulut.

5. Menggunakan minyak cengkeh
Telah sejak lama, minyak cengkeh terkenal sebagai obat untuk berbagai macam masalah mulut dan salah satunya adalah untuk sakit gigi. Namun tak hanya itu, ternyata minyak cengkeh juga berkhasiat untuk mengobati gusi bengkak. Caranya sangat mudah, cukup oleskan minyak cengkeh pada gusi yang bermasalah, dan gunakan 3 kali sehari setelah makan. Untuk mendapatkan hasil terbaik, tetap menggunakan minyak cengkeh sampai gusi anda benar-benar sembuh.

6. Mengkonsumsi vitamin dan makanan berserat tinggi
Salah satu hal yang dapat menyebabkan gusi bengkak adalah kekurangan vitamin terutama vitamin C dan anda jarang mengkonsumsi makan berserat. Karenanya, rutin mengkonsumsi buah dan sayuran hijau setiap hari dapat membantu mengatasi gusi bengkak.

7. Berkumur menggunakan perasan lemon dan air hangat
Cara ini juga cukup ampuh, yaitu cukup menggunakan seperempat lemon, kemudian peras airnya lalu campurkan dangan setengah gelas air hangat. Kemudian gunakan untuk berkumur, dan lakukan cara ini sebanyak 2 kali sehari.

8. Menyikat gigi secara teratur
Ini merupakan cara paling ampuh untuk mengatasi gusi bengkak karena sakit gigi. Menggosok gigi secara teratur dapat menghilangkan sisa makanan dan bakteri yang berada dalam mulut. Gosoklah gigi anda minimal 2 kali sehari yaitu ketika sebelum tidur dan setelah bangun tidur. Selain itu, hindari menggunakan sikat gigi yang kasar, karena dapat membuat gusi anda berdarah dan membengkak.

9. Mengkonsumsi makanan yang cocok
Salah satu faktor penyebab utama gusi bengkak biasanya karena mengkonsumsi makanan yang salah atau tidak cocok untuk anda. Seperti daging, makanan keras, dan lain sebagainya. Sebaiknya, usahakan untuk menghindari mengkonsumsi makanan yang dapat membuat sisanya tersangkut di celah gigi seperti daging. Jika sudah terlanjur, anda dapat mencoba untuk membersihkannya dengan menggunakan benang gigi.

10. Berkumur dengan air hangat dan memperbanyak minum air putih
Ketika gusi anda sedang bengkak karena sakit gigi, air liur anda akan berkurang. Salah satu cara untuk mengatasinya yakni memperbanyak minum air putih. Selain itu, minum air putih dapat membersihkan mulut dan gusi anda dari bakteri. Namun, salah satu cara yang paling mudah untuk mengobati gusi bengkak dan tanpa biaya tambahan, cukup berkumur dengan air hangat. Ini adalah solusi terbaik yang bisa diterapkan ketika anda bermasalah dengan gusi bengkak.
Tips! 10 Cara Alami untuk Mengobati Gusi Bengkak karena Sakit GigiTitle : Tips! 10 Cara Alami untuk Mengobati Gusi Bengkak karena Sakit Gigi ~ unikposts
Description : Gusi, terdiri dari jaringan mucosa yang menutupi tulang rahang. Warna gusi yang sehat umumnya disebut "coral pink." Warna lain se...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|