10/25/2014

Jenis Jerawat, Tips dan Cara untuk Mengatasi Jerawat

Jenis Jerawat, Tips dan Cara untuk Mengatasi Jerawat -
unikposts -
Jerawat adalah hal yang mengganggu bagi setiap orang. Tapi mungkin kita kurang mengetahui tentang macam-macam jerawat yang ada pada kulit kita. Padahal penting bagi kita untuk mengetahui berbagai jenis jerawat yang ada di kulit. Jika sudah mengetahui jenis jerawatnya, maka kita bisa dengan mudah untuk mengatasinya. Demikian pula sebaliknya, jika kita tidak begitu tahu tentang jenis jerawat yang tumbuh pada kulit, mungkin kita akan mengatasinya dengan segala cara tanpa mengetahui cara yang paling efektif untuk mengobatinya, dan hal itu justru akan membuat jerawat semakin menjadi parah dan meradang.
Jenis Jerawat, Tips dan Cara untuk Mengatasi Jerawat
Ilustrasi Jerawat
Penting untuk diketahui, jerawat tidak selalu muncul karena kotor. Menurut Wikipedia, melainkan lebih disebabkan oleh faktor dari dalam tubuh. Jerawat adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak berlebih yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel dan pori-pori kulit. Hal yang terpenting selain menggunakan produk dan bahan untuk menghilangkan jerawat, adalah dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Karena metabolisma tubuh dan proses ekskresi yang baik akan membantu pembuangan zat-zat sisa. Pola hidup sehat yang sebaiknya dilakukan adalah:

Minum air secukupnya. Menjauhi stres dan selalu santai. Makan sayuran dan buah-buahan supaya buang air besar lebih lancar. Cuci muka dengan air bersih (pakailah air mineral), karena bisa jadi air leding di rumah mengandung kadar besi yang terlalu tinggi. Rutin mencuci handuk, helm, dan bantal. Jangan memencet jerawat, kecuali menggunakan alat yang tepat. Cuci muka dengan sabun khusus cukup dua kali sehari agar bisa mengurangi kelebihan minyak dan jangan terlalu sering karena justru dapat menghilangkan kelembaban yang dibutuhkan oleh kulit.

Hindari makanan mengandung yodium dan gula, kopi, dan juga minuman berkarbonisasi. Rajin berolahraga secukupnya, tiga kali dalam seminggu selama 30 menit. Perawatan wajah secara rutin setiap dua minggu akan mempercepat penyembuhan jerawat. Pakailah produk yang sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan. Keliru memilih produk perawatan wajah dapat memperparah masalah. Cara lainnya juga bisa dilakukan dengan bahan-bahan herbal. Jintan hitam dan madu sangat baik untuk dikonsumsi. Bersihkan tangan anda sebelum menyentuh wajah, karena ada berbagai macam bakteri yang menempel di tangan akibat aktivitas sehari-hari.

Setelah mengetahui pola hidup sehat untuk mencegah dan mengatasi jerawat, berikut ini kami rangkum beberapa jenis jerawat yang perlu untuk diketahui.

Yang pertama adalah jerawat batu atau jerawat jagung (cystic acne) Jerawat dengan tipe ini mungkin jerawat yang paling menggangu, karena pada proses penyembuhannya cukup lama, dan menimbulkan rasa sakit pada bagian jerawat batu tersebut, juga dapat menimbulkan bekas jerawat di wajah. Jerawat batu terjadi karena kelenjar minyak yang berlebih, bisa juga karena pertumbuhan sel yang terhambat sehingga tumbuh menjadi sebuah jerawat batu. Jerawat jenis ini memiliki bentuk benjolan besar berwarna merah meradang, dan juga menimbulkan rasa nyeri.

Sementara jenis jerawat yang kedua yaitu jerawat biasa. Jerawat ini mungkin yang paling umum terjadi pada setiap orang. Jerawat biasa atau jerawat klasik dapat terjadi karena adanya penyumbatan kotoran di dalam wajah, rasa stress yang berlebih, dan juga terlalu banyak minyak pada wajah kita sehingga membuat bakteri dengan mudah berkembang pada kulit kita. Jerawat jenis ini merupakan tipe jerawat yang paling mudah dikenali dari bentuk yang berupa benjolan kecil berwarna pink dan lambat laun berubah menjadi warna merah menonjol. Adapun cara untuk mengatasi jerawat ini bisa dengan menggunakan cream wajah yang sesuai dengan kondisi wajah kita, dan juga rajin membersihkan wajah supaya bakteri tidak mudah hidup di kulit kita, serta banyak mengurangi rasa stress.

Sementara yang terakhir adalah komedo. Komedo ialah pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup. Komedo merupakan salah satu jenis jerawat yang sangat terkenal dan banyak penderitanya. Komedo terdiri dari dua jenis, yaitu komedo terbuka dan komedo tertutup. Komedo terbuka (blackhead), bentuknya lebih besar dari komedo tertutup dan juga berwarna hitam yang disebabkan oleh penyumbatan pori-pori dan teroksidasi oleh udara. Sementara komedo tertutup (whitehead), adalah pertumbuhan kulit diatas pori-pori yang tersumbat dan menyebabkan tonjolan kecil-kecil berwarna putih dibawah lapisan kulit.

Secara umum, komedo terjadi karena penyumbatan kotoran di bawah kulit, serta diperparah dengan adanya penggunaan berbagai produk kecantikan kulit.Salah satu cara mencegah komedo yaitu rutin mencuci wajah dengan sabun pembersih wajah yang cocok bagi kulit Anda dan juga mengurangi penggunaan alat-alat make up yang mengandung banyak minyak. Setelah mengetahui jenis-jenis jerawat dan tips yang paling tepat untuk mengatasi jerawat, maka jerawat akan hilang dalam waktu yang relatif singkat.
Jenis Jerawat, Tips dan Cara untuk Mengatasi JerawatTitle : Jenis Jerawat, Tips dan Cara untuk Mengatasi Jerawat ~ unikposts
Description : Jerawat adalah hal yang mengganggu bagi setiap orang. Tapi mungkin kita kurang mengetahui tentang macam-macam jerawat yang ada pada kulit k...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|