10/29/2014

Spektakuler! 5 Manfaat Buah Tomat bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit

Spektakuler! 5 Manfaat Buah Tomat bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit -
unikposts -
Tomat yang memiliki nama ilmiah Solanum lycopersicum syn. atau Lycopersicum esculentum ini merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Buah manis dan lezat ini kerap diolah menjadi jus atau sajian pelengkap makanan berkuah. Namun apakah semua orang tahu buah tomat adalah makanan sehat? Tomat sangat kaya akan vitamin C, rendah kalori, juga bebas lemak. Selain itu, ternyata kandungan buah merah itu sangat banyak. Dari Vitamin A, C, K, folat dan potasium. Secara alami tomat rendah sodium, lemak jenuh, kolesterol, dan kalori.
Buah_tomat
Buah Tomat
Bahkan, tomat juga memiliki kandungan thiamin, niacin, vitamin B6, magnesium, fosfor, dan tembaga, yang semuanya berperan penting untuk menjaga agar tubuh tetap sehat. Konsumsi satu porsi tomat sama dengan 2 gram serat, juga memiliki kandungan air relatif tinggi. Rutin mengkonsumsi buah ini dapat menurunkan kadar tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, stroke, dan penyakit jantung. Saat ini, tomat tidak hanya sebagai pelengkap untuk makanan melainkan juga sudah dikenal luas untuk kecantikan kulit. Manfaat tomat untuk kecantikan antara lain adalah untuk mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kulit karena tomat kaya dengan kandungan vitamin C. Berikut ini beberapa manfaat lainnya yang terdapat pada buah tomat.

1. Tomat bermanfaat untuk menurunkan berat badan
Buah tomat sangat kaya akan kandungan air dan serat, sehingga dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Bila Anda sedang menjalankan program diet, tak ada salahnya mengkonsumsi buah ini setiap hari. Bisa disajikan sebagai camilan di malam hari atau bisa juga dihidangkan seperti salad.

2. Tomat menyehatkan kulit secara alami
Beta-karoten yang terkandung di dalam buah tomat berfungsi untuk kesehatan kulit, juga membantu untuk melindungi kulit terhadap kerusakan akibat paparan sinar matahari. Bahkan, dapat mencegah garis-garis halus dan kerutan.

3. Tomat dapat mencegah batu ginjal dan batu empedu
Buah merah ini dapat mencegah batu ginjal dan batu empedu. Beberapa penelitian terbaru mengungkapkan bahwa penyakit batu ginjal dan batu empedu dapat diatasi dengan mengkonsumsi tomat tanpa biji.

4. Tomat berguna untuk menyehatkan mata
Vitamin A pada tomat berguna untuk mencegah rabun senja. Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa mengkonsumsi tomat dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula, sebuah kondisi mata yang serius dan tidak dapat diubah.

5. Tomat bisa bikin rambut berkilau
Selain bermanfaat untuk menyehatkan mata, vitamin A yang ditemukan dalam tomat juga berkhasiat untuk membuat rambut jadi kuat dan berkilau secara alami.
Spektakuler! 5 Manfaat Buah Tomat bagi Kesehatan Tubuh dan KulitTitle : Spektakuler! 5 Manfaat Buah Tomat bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit ~ unikposts
Description : Tomat yang memiliki nama ilmiah Solanum lycopersicum syn. atau Lycopersicum esculentum ini merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat t...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|