10/15/2014

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Daun Sukun bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Daun Sukun bagi Kesehatan Tubuh -
unikposts -
Sukun adalah nama sejenis pohon yang menghasilkan buah. Buah sukun tidak berbiji dan memiliki bagian yang empuk, mirip roti setelah dimasak atau digoreng. Karena itu, orang-orang Eropa mengenalnya sebagai "buah roti" (breadfruit atau broodvrucht). Sukun merupakan kultivar yang terseleksi sehingga tak berbiji. Kata "sukun" dalam bahasa Jawa berarti "tanpa biji" dan dipakai untuk kultivar tanpa biji pada jenis buah lainnya, seperti durian dan jambu klutuk. "Moyangnya" yang berbiji dikenal sebagai timbul, kulur (Sunda), atau kluwih (Jawa), kulu (Aceh), kalawi (Minang).
Sukun
Buah Sukun
Di daerah Pasifik, kulur dan sukun menjadi sumber karbohidrat penting. Di sana dikenal dengan berbagai nama, seperti kuru, ulu, atau uru. Nama ilmiahnya adalah Artocarpus altilis. Tahukah Anda, tidak hanya buah sukun yang dapat dimanfaatkan untuk dijadikan makanan yang berkhasiat bagi kesehatan, ternyata daun sukun juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Daun sukun berguna untuk mengobati beberapa jenis penyakit karena mengandung beberapa zat seperti asetilkolin, tanin, riboflavin, asam hidrosianat, quercetin, kamper, dan phenol. Lantas, manfaat apa saja yang dapat kita peroleh dengan mengkonsumsi daun sukun? Berikut kami rangkum untuk Anda, beberapa manfaat daun sukun bagi kesehatan tubuh yang perlu untuk diketahui.

1. Sistem imun tubuh
Senyawa riboflavin sangat penting untuk pembentukan sel darah merah segar dan sebagai antibodi pada manusia. Eritrosit atau sel darah merah sangat berperan dalam sistem imun tubuh. Ketika sel darah merah mengalami proses lisis oleh patogen atau bakteri, maka hemoglobin di dalam sel darah merah akan melepaskan radikal bebas. Gampangnya, riboflavin memperkuat sistem pertahanan terhadap infeksi.

2. Mencegah kanker
Daun sukun memiliki kemampuan sebagai anti inflamasi atau mencegah peradangan. Quercetin yang terkandung di dalam daun sukun sangat ampuh untuk mencegah kanker. Jika Anda ingin mencegah kanker dengan daun sukun, pertama-tama sediakan 1 lembar daun sukun yang telah tua, cuci bersih dan rebus dalam 5 gelas air sampai mendidih. Setelah mendidih, tambah lagi 5 gelas air dan tunggu hingga mendidih lagi. Tambahkan kembali 5 gelas air dan saring. Air rebusan tersebut siap untuk diminum.

3. Menyehatkan ginjal
Selain bermanfaat untuk mencegah kanker, daun sukun juga dapat dijadikan alternatif untuk menyembuhkan ginjal yang sakit. Mengkonsumsi air rebusan daun sukun secara rutin dan teratur dapat menyembuhkan ginjal yang sakit sehingga dapat melakukan aktivitas sehari-hari.

4. Menurunkan tekanan darah
Selain dapat digunakan sebagai bahan ramuan obat penyembuh kulit yang bengkak atau gatal. Air rebusan daun sukun mengandung quercetin, phenol, dan kamper yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan menurunkan gula darah. Quercetin adalah antioksidan yang memiliki manfaat untuk meningkatkan taraf kesehatan secara umum. Sifat antioksidan quercetin menunjukkan kemampuan luar biasa untuk mengurangi penumpukan plak di arteri yang dikenal pula sebagai aterosklerosis. Sifat anti-inflamasi yang dimilikinya juga dapat mencegah kerusakan yang disebabkan oleh kolesterol LDL yang merupakan pemicu penyakit jantung.

5. Mencegah penyakit jantung
Daun sukun juga dapat mengobati penyakit jantung karena daunnya sangat baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah maupun jantung. Caranya, ambil 1 lembar daun sukun yang sudah tua kemudian dicuci bersih dan dijemur hingga kering. Daun sukun yang sudah tua memiliki kadar kimia yang maksimal. Rebus dengan 5 gelas air hingga tersisa setengah. Tambahkan lagi dengan 5 gelas air, dan saring. Air hasil saringan tadi bisa langsung diminum.

6. Mengatasi asam urat
Manfaat daun sukun juga bisa menjadi pengobatan tradisional penyakit asam urat. Untuk mengatasi asam urat, sediakan satu genggam daun sukun yang telah dikeringkan kemudian diseduh dengan air panas atau direbus. Jika sudah dingin, air rebusan tadi diminum secara teratur.

7. Menurunkan kadar kolesterol
Selain untuk mengatasi asam urat, daun sukun juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Pengobatan bisa Anda lakukan dengan cara menyediakan satu genggam daun sukun dan dikeringkan. Daun sukun yang sudah kering kemudian diseduh dengan air panas. Air seduhan tadi dapat diminum setiap hari.

Selain melakukan pengobatan dengan daun sukun, Anda juga harus menjalani pola makan dan hidup sehat juga menghindari hal-hal yang dapat memicu penyakit tersebut.
Kandungan Nutrisi dan Manfaat Daun Sukun bagi Kesehatan TubuhTitle : Kandungan Nutrisi dan Manfaat Daun Sukun bagi Kesehatan Tubuh ~ unikposts
Description : Sukun adalah nama sejenis pohon yang menghasilkan buah. Buah sukun tidak berbiji dan memiliki bagian yang empuk, mirip roti setelah dimasak...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|