10/04/2014

15 Manfaat Mengejutkan Buah Pisang bagi Kesehatan Tubuh

15 Manfaat Mengejutkan Buah Pisang bagi Kesehatan Tubuh -
unikposts -
Pisang adalah salah satu jenis buah yang dengan mudah ditemui di Indonesia dan mempunyai banyak penggemar. Tentunya pisang juga merupakan buah yang paling mudah untuk diolah menjadi makanan yang lezat. Sebagai bahan pangan Buah pisang merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium. Uniknya, pisang ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, pasalnya pisang kaya akan nutrisi. Pisang mempunyai kandungan gizi sangat baik, antara lain menyediakan energi cukup tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lain. Buah Pisang kaya akan mineral penting seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium.
Picture 285
Buah Pisang
Selain itu, buah pisang juga mengandung vitamin, yaitu C, B kompleks, B6, dan serotonin yang aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak. Buah ini adalah salah satu alternatif terbaik untuk menyediakan energi di saat-saat istirahat atau jeda, pada waktu otak sangat membutuhkan energi yang cepat tersedia untuk aktivitas biologis. Berikut ini kami rangkum untuk Anda, beberapa manfaat mengejutkan dari buah pisang bagi kesehatan tubuh yang perlu untuk diketahui.

1. Mencegah penyakit jantung
Buah pisang memiliki kandungan vitamin C dan flavonoid yang bersifat antioksidan yang dapat mencegah proses oksidasi lemak. Sementara kalium yang terkandung dalam buah pisang merupakan suatu tonik yang baik bagi kesehatan jantung. Selain itu, terdapat serat pektin yang berperan penting dalam membantu menurunkan kolesterol.

2. Dapat memperbaiki suasana hati
Tubuh Anda memerlukan magnesium untuk membantu meningkatkan suasana hati. Sedangkan pisang sendiri menyediakan 27 mg magnesium.

3. Baik untuk diet
Satu buah pisang mengandung 110 kalori, 30 gram karbohidrat, dan 3 gram serat. Selain itu, pisang juga mengandung nutrisi tertentu yang dapat membuat Anda cepat kenyang. Oleh karena itu, buah ini cocok dijadikan sebagai menu diet Anda.

4. Mampu menurunkan tekanan darah
Pisang kaya akan kandungan kalium yaitu 422 mg. Kalium ini bermanfaat untuk menetralkan tekanan darah sehingga Anda mampu terhindar dari risiko stroke.

5. Mengobati sakit maag
Buah pisang dapat dijadikan sebuah solusi ketika anda mengalami sakit maag. Hal ini karena buah pisang memiliki kandungan penangkal zat asam dalam tubuh dan sehingga dapat meredakan maag.

6. Meredakan masalah pencernaan
Sedang mengalami gangguan dengan pencernaan Anda? Cobalah untuk mengkonsumsi pisang sebab pisang mampu meredakan diare atau mengatasi gas berlebih yang ada di dalam perut.

7. Mampu membangkitkan energi
Pisang dianggap salah satu jenis buah yang baik dikonsumsi saat sarapan. Sebab kandungan karbohidrat dan potasium yang ada di dalam buuh pisang mampu meningkatkan energi tubuh Anda.

8. Kaya akan vitamin B6
Pisang mampu memenuhi 20 persen dari kebutuhan vitamin B6. Vitamin B6 bermanfaat untuk menjaga kesehatan sel dan memproduksi insulin, hemoglobin, dan antibodi yang membantu tubuh melawan infeksi.

9. Sumber vitamin C
Mengkonsumsi 1 buah pisang mampu menyediakan 15 persen kebutuhan vitamin C harian Anda. Selain itu, pisang mengandung antioksidan yang tinggi untuk menangkal radikal bebas.

10. Mudah dicerna
Buah pisang sangat mudah untuk dicerna. Ketika anda sedang sakit atau sedang mengalami masalah pencernaan, buah pisang sangat baik sebagai pilihan untuk menutrisi tubuh anda. Pisang yang dihaluskan juga sudah umum diberikan kepada bayi sebagai makanan padat pertama kali.

11. Mengobati sembelit
Buah pisang yang kaya manfaat ini dapat digunakan sebagai obat sembelit yang alami. Buah ini dapat berfungsi untuk membantu memperlancar buang air besar. Mengkonsumsi pisang secara rutin dapat membantu untuk menghindari mengerasnya feses, gejala awal sembelit.

12. Menyeimbangkan jumlah cairan tubuh
Tubuh membutuhkan jumlah cairan yang seimbang dan cukup dalam menunjang semua kinerja organ tubuh. Dengan adanya kandungan kalium pada pisang sangat berperan penting untuk membantu menyeimbangkan jumlah cairan di dalam tubuh.

13. Mengatasi diabetes
Bagi penderita diabetes, mengkonsumsi pisang khas daerah Gorontalo yaitu goroho yang dikukus dan dicampur dengan kelapa parut muda dapat digunakan sebagai makanan tambahan bagi penderita diabetes.

14. Menyehatkan tulang dan gigi
Mengkonsumsi buah pisang secara rutin dapat berfungsi untuk membantu menyehatkan tulang. Hal ini dikarenakan, buah pisang adalah salah satu buah yang memiliki kandungan mangan yang cukup tinggi.

15. Mengatasi anemia
Buah pisang memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi oleh penderita anemia. Mengkonsumsi 2 buah pisang setiap harinya secara rutin, dapat membantu untuk mengatasi kekurangan sel darah merah atau anemia.
15 Manfaat Mengejutkan Buah Pisang bagi Kesehatan TubuhTitle : 15 Manfaat Mengejutkan Buah Pisang bagi Kesehatan Tubuh ~ unikposts
Description : Pisang adalah salah satu jenis buah yang dengan mudah ditemui di Indonesia dan mempunyai banyak penggemar. Tentunya pisang juga merupakan b...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|
-->