10/08/2014

Mengulik Manfaat Ajaib Buah Salak untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

Mengulik Manfaat Ajaib Buah Salak untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit -
unikposts -
Salak merupakan sejenis palma dengan buah yang biasa dimakan. Buah yang dalam bahasa Inggris disebut salak atau snake fruit ini bagi masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi, karena selain sudah banyak yang menanam, salak juga dijadikan sebuah produk unggulan dan cirikhas daerah tertentu, yang menyangkut kualitas juga rasa yang mencerminkan ciri buah salak dari daerah tersebut. Nama ilmiah buah salak adalah Salacca Edulis, buah yang satu ini cepat berkembang di daerah tropis seperti halnya di Indonesia, dan sangat diminati oleh warga matahari terbit (Jepang), Amerika Serikat juga Eropa. Apa alasan mereka menyukai buah salak, karena rasanya manis dan menyegarkan, bahkan lebih daripada itu buah salak memiliki kandungan gizi dan khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh.
Buah_salak
Buah salak
Daging buah salak mengandung saponin, tanin, kalsium dan flavonoida. Selain itu, kandungan gizi salak yang lainnya yakni kalori, protein, karbohidrat, fosfor, zat besi, vitamin C dan B juga air. Saat ini, buah salak diolah secara sederhana untuk di jadikan jus salak bahkan bisa dijadikan makanan olahan bergengsi tergantung dari kreatifitas kita. Bicara tentang buah salak ada mitos jika makan buah salah dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan sembelit, itu sebenarnya sangat keliru sebab kita tidak tahu cara memakan buah salak secara benar. Lantas, bagaimana mengkonsumsi salak yang benar? Untuk mengetahui faktanya, simak artikel ini sampai tuntas.

Tanin memiliki sifat pengelat atau pengerut dan banyak dimanfaatkan orang sebagai bahan obat-obatan. Dalam dunia kesehatan tanin mempunyai beberapa khasiat. Tanin dapat menciutkan (adstrigensia) dan mengeraskan dinding usus, sehingga dapat mengurangi keluar masuknya cairan dalam usus. Selain itu, tanin juga dapat digunakan untuk menciutkan pori-pori kulit. Kalsium adalah mineral yang amat penting bagi manusia, antara lain untuk metabolisme tubuh, penghubung antar saraf, kerja jantung, dan pergerakan otot. Sementara, mineral fosfor merupakan unsur penting yang sangat dibutuhkan tubuh. Bersama dengan kalsium, ia membentuk senyawa kalsium fosfat yang penting dalam pembentukan tulang dan gigi.

Dalam tubuh manusia zat besi memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan dan mengangkut electron di dalam proses pembentukan energi di dalam sel. Untuk mengangkut oksigen, zat besi harus bergabung dengan protein untuk membentuk hemoglobin di dalam sel darah merah dan myoglobin di dalam serabut otot. Bila bergabung dengan protein di dalam sel, zat besi akan membentuk enzim yang berperan penting dalam pembentukan energi di dalam sel. Vitamin C yang terkandung di dalam buah salah diperlukan untuk menjaga struktur kolagen, yaitu sejenis protein yang menghubungkan semua jaringan serabut, kulit, urat, tulang rawan, dan jaringan lain di tubuh manusia. Struktur kolagen yang baik dapat menyembuhkan patah tulang, memar, pendarahan kecil, dan luka ringan. Vitamin C juga berperan penting dalam membantu penyerapan zat besi dan meningkatkan intuisi. Sebagai antioksidan, vitamin C mampu menetralkan radikal bebas di seluruh tubuh. Berikut ini beberapa manfaat mengejutkan buah salak bagi kesehatan tubuh dan kulit yang perlu untuk diketahui.

1. Salak berkhasiat untuk obat diare
Jika anda sering mengalami gangguan masalah seputar perut, mencret misalnya anda bisa memanfaatkan buah salak sebagai obat dengan mengkonsumsi sebanyak 20 gram daging buah salak yang masih muda.

2. Salak berguna sebagai obat mata
Berdasarkan sejumlah penelitian para ahli dibidang kesehatan, ternyata buah salak mengandung Betakaroten yang sangat baik bagi kesehatan mata. Betakaroten merupakan salah satu zat antioksidan yang banyak terdapat dalam sayuran seperti wortel. Jika anda ingin terus menjaga kesehatan mata, mengkonsumsi jus salak sebagai alternatif selain jus wortel yang rasanya jauh lebih nikmat.

3. Salak bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan otak
Selain berguna untuk kesehatan mata, penelitian juga mengungkapkan bahwa salak diklam mampu meningkatkan kinerja otak karena kandungan potasium dan pektin. Pottasium dimanfaatkan oleh sistem saraf otonom, yang merupakan pengendali detak jantung, meningkatkan fungsi otak, dan meningkatkan fungsi fisiologi lainnya. Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan bahwa jurnal "Intregative Center Therapies" kandungan salak berupa pektin dapat mencegah dan mengobati kanker.

4. Salak bikin perut kenyang lebih lama
Salak mengandung vitamin C dan serat yang memberikan efek kenyang lebih lama, karena memerlukan waktu dalam proses penyerapan dalam usus.

5. Buah salak juga sangat baik untuk kesehatan kuku dan kulit anda
Kandungan mineral kalsium yang terdapat di dalam salak, sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan kulit dan kuku.

Bagi yang menderita maag dan radang usus disarankan tidak mengkonsumsi buah ini, sebab tanin dalam kandungan buah salak dapat memperparah kondisi usus yang luka karena sulit dicerna. Selain itu, mengkonsumsi salak disarankan harus disertai kulit arinya. Ternyata, kulit ari salak sangat kaya akan serat yang bermanfaat untuk mencegah sembelit.
Mengulik Manfaat Ajaib Buah Salak untuk Kesehatan Tubuh dan KulitTitle : Mengulik Manfaat Ajaib Buah Salak untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit ~ unikposts
Description : Salak merupakan sejenis palma dengan buah yang biasa dimakan. Buah yang dalam bahasa Inggris disebut salak atau snake fruit ini bagi masya...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|