10/16/2014

Ragam Manfaat Rosella bagi Kesehatan Tubuh

Ragam Manfaat Rosella bagi Kesehatan Tubuh -
unikposts -
Rosella, atau rosela, asam paya, asam kumbang dan asam susur, adalah spesies bunga yang berasal dari benua Afrika. Di negeri asalnya, Afrika, tanaman yang memiliki ilmiah Hisbiscus sabdariffa ini dijadikan selai atau jeli. Itu diperoleh dari serat yang terkandung dalam kelopak rosella, sementara di Jamaika, dibuat salad buah yang dimakan mentah. Ada kalanya juga dimakan dengan kacang tumbuk atau direbus sebagai pengisi kue setelah dimasak dengan gula. Di Mesir, rosella diminum dingin ketika musim panas dan diminum panas saat musim dingin. Di Sudan, menjadi minuman sehat dengan campuran garam, merica, dan tetes tebu.
Ragam Manfaat Rosella bagi Kesehatan Tubuh
Bunga Rosella
Pemanfaatan kelopak bunga Rosella, menurut Wikipedia, sudah dikenal dan diteliti baik oleh pakar kesehatan modern maupun pakar kesehatan tradisional di berbagai negara di dunia. Kelopak bunga tersebut diketahui mengandung zat-zat penting yang diperlukan oleh tubuh, seperti vitamin C, vitamin A, protein esensial, kalsium, dan 18 jenis asam amino, termasuk arginina dan legnin yang berperan dalam proses renovasi sel tubuh.

Manfaat Bunga Rosella memang sudah tidak asing lagi, karena belakangan ini minuman yang terbuat dari bunga rosella yang sering kita minum ini sedang popular. Khasiat Bunga Rosella tentu saja baik bagi kesehatan. Bunga rosella yang dikeringkan, diseduh dengan air panas dan rasanya agak sedikit kecut namun khasiatnya sangat luar biasa. Beberapa kandungan vitamin penting yang terdapat di dalam bunga rosella ini yaitu vitamin A, asam askorbat, kalsiferol, tiamin, dan riboflavin. Selain itu, bunga rosella juga mengandung mineral seperti fosfor, magnesium, zat besi, omega 3, beta caroten, dan juga serat. Berikut ini kami rangkum untuk Anda, beberapa manfaat penting dari bunga rosella yang berguna bagi kesehatan tubuh.

Bunga rosella dapat meningkatkan stamina, daya tahan tubuh kita dan juga dapat menetralkan toksin. Banyak orang yang menderita penyakit darah tinggi, kadar gula rendah, asam urat dan kolesterol mengkonsumsinya. Karena memang khasiat dari bunga rosella salah satunya yaitu untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Dengan mengkonsumsi minuman yang terbuat dari bunga rosella, batuk, sariawan dan sakit tenggorokan pun akan terobati. Kandungan antipyretic yang terdapat di dalam bunga rosella berperan penting untuk menurunkan panas dalam.

Selain manfaat yang telah disebutkan, kelopak bunga Rosella juga dapat mengatasi berbagai jenis penyakit lainnya yaitu menurunkan asam urat, meredakan peradangan sendi, meningkatkan selera makan, meningkatkan sistem syaraf dan dapat meningkatkan daya ingat, nutrisi untuk otak, membantu menurunkan tekanan darah tinggi, bersifat diuretic, sebagai anti-inflamasi yang kuat, mempercepat pemecahan darah beku di otak. Beberapa vitamin seperti vitamin C, B, D, K dan mineral penting termasuk magnesium, kalsium juga sodium sangat bermanfaat untuk meredakan serta menghilangkan batuk kronis, menetralkan toksin, mencegah kanker, mencegah tumor, menurunkan kolesterol, menghancurkan lemak, melangsingkan tubuh, mencegah stroke, mengurangi stress, memperbaiki sistem pencernaan, mencegah wasir, menurunkan kadar gula, mencegah kista, maaq, migrain, demam tinggi, dan lain sebagainya.

Selain berkhasiat bagi kesehatan tubuh, teh yang terbuat dari Bunga Rosella juga bermanfaat untuk kulit. Jadi, tidak cuma untuk menyembuhkan penyakit saja, bunga rosella juga dapat menghaluskan kulit dan mengurangi keriput di wajah. Untuk yang sedang berdiet, bunga rosella ini juga wajib diminum agar diet yang Anda lakukan lebih maksimal. Bunga rosella juga mengandung omega 3 yang dapat membantu untuk menumbuhkan kecerdasan otak. Sementara, kandungan glycosides yang terdapat pada bunga rosella berguna sebagai penawar luka.
Ragam Manfaat Rosella bagi Kesehatan TubuhTitle : Ragam Manfaat Rosella bagi Kesehatan Tubuh ~ unikposts
Description : Rosella, atau rosela, asam paya, asam kumbang dan asam susur, adalah spesies bunga yang berasal dari benua Afrika. Di negeri asalnya, Afrik...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|