10/06/2014

Fakta Seputar Manfaat Alpukat bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Fakta Seputar Manfaat Alpukat bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit -
unikposts -
Alpukat atau yang disebut juga sebagai apokat adalah tumbuhan penghasil buah meja dengan nama yang sama. Salah satu tumbuhan ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah dan kini telah banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah sebagai tanaman perkebunan monokultur dan sebagai tanaman pekarangan di daerah-daerah tropika lainnya di seluruh dunia. Menurut Wikipedia, tinggi pohon alpukat dapat mencapai 20 meter dan panjang daunnya 12 hingga 25 sentimeter. Bunganya tersembunyi dengan warna hijau kekuningan dan ukuran 5 hingga 10 milimeter. Ukurannya bervariasi dari 7 hingga 20 sentimeter, dengan massa 100 hingga 1000 gram, biji yang besar bisa mencapai 5 hingga 6,4 sentimeter.
Buah_alpukat
Buah Alpukat
Buah yang memiliki nama ilmiah Persea americana ini memang memiliki sejuta manfaat bagi manusia, dari mulai manfaat kesehatan, manfaat kecantikan dan manfaatnya sebagai makanan. Alpukat sendiri mempunyai nama latin Persea americana dan termasuk dalam keluarga Lauraceae. Tanaman yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah ini selain enak dimakan dan dibuat jus, buah alpukat juga mengandung senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan tidak hanya buahnya saja, sebab biji dan daun alpukat juga memiliki khasiat yang sama dan sering dijadikan obat tradisional. Berikut ini kandungan gizi buah alpukat yaitu kalsium 10,00 mg, fosfor 20,00 mg, zat besi 0,90 mg, vitamin A 180,00 S.I., vitamin B1 0,05 mg, vitamin C 13,00 mg.

Tidak hanya digunakan untuk kesehatan, buah ajaib yang bernama alpukat ini juga sering dijadikan sebagai bahan perawatan kecantikan seperti perawatan wajah, rambut dan perawatan kulit. Sebagai salah satu buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, maka tak mengherankan jika telah sejak lama buah ini merupakan buah yang sangat populer. Bukan cuma karena rasanya, tapi juga karena khasiatnya. Berikut ini kami rangkum untuk Anda, beberapa fakta manfaat dari buah alpukat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit yang perlu untuk diketahui.

Sumber karotenoid
Alpukat merupakan sumber terbaik dari karotenoid dan phytonutrient. Alpukat, juga dikenal sebagai buah yang menawarkan beragam jenis karotenoid tidak hanya beta-karoten, alfa-karoten dan lutein, tetapi juga varietas yang kurang dikenal dari jenis phytonutrient seperti neoxanthin, zeaxanthin, chrysanthemaxanthin, neochrome, beta-cryptoxanthin dan violaxanthin. Setiap kali Anda mengkonsumsi makanan yang kaya karotenoid, tubuh Anda akan menerima banyak asupan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Karotenoid juga meningkatkan fungsi sistem imun tubuh. Karotenoid dapat larut dalam lemak, sehingga dapat mengoptimalkan penyerapan nutrisi.

Sumber protein
Alpukat menyediakan semua 18 asam amino esensial yang diperlukan bagi tubuh untuk membentuk protein lengkap. Berbeda dengan protein dalam daging yang sulit untuk dicerna bagi kebanyakan orang, protein alpukat sangat mudah diserap oleh tubuh karena ia juga mengandung serat. Jika Anda mencoba untuk mengurangi sumber protein hewani dalam diet, atau jika Anda seorang vegetarian dan ingin mencari lebih banyak protein, alpukat bisa menjadi salah satu pilihan nutrisi yang baik.

Sumber lemak baik
Alpukat menyediakan jenis lemak sehat yang dibutuhkan tubuh Anda. Seperti minyak zaitun, alpukat dapat meningkatkan kadar HDL (kolesterol "baik"). Kolesterol HDL dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Bahkan kolesterol tipe ini juga dapat membantu mengatur kadar trigliserida dan mencegah diabetes. Sebuah studi yang di Canadian Medical Association Journal menemukan bahwa diet vegetarian, yang mencakup lemak HDL, dapat mengurangi kadar LDL (kolesterol "jahat").

Menangkal radikal bebas
Para peneliti mengatakan bahwa kandungan minyak alpukat dapat masuk ke dalam mitokondria, bagian penting dari fungsi sel tubuh yang mengubah makanan menjadi energi. Kandungan anti-oksidan dalam buah-buahan dan sayuran seperti wortel atau tomat juga mampu memblokir radikal bebas, namun tidak dapat masuk ke dalam mitokondria.

Menjaga tekanan darah
Khasiat buah alpukat dapat membantu menjaga tekanan darah, ini karena buah alpukat mengandung potassium yang dapat menstabilkan tekanan darah, terutama dapat mencegah agar tidak terkena serangan darah tinggi. Tekanan darah tinggi dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit stroke, penyakit yang membuat tubuh tidak dapat bergerak separuhnya. Tetapi dengan adanya kandungan potassium dalam buah alpukat, penyakit darah tinggi, stroke ataupun penyakit penyumbat sirkulasi darah lainnya dapat diminimalisir.

Menurunkan kolesterol
Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik dan dapat meningkatkan HDL. Selain itu, alpukat juga mengandung betasitosterol yang dapat mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan. Kombinasi betasitosterol dan lemak tak jenuh tunggal membuat alpukat sebagai sumber makanan yang baik untuk memecah kolesterol.

Menjaga kesehatan jantung
Kandungan lemak pada alpukat sering dianggap dapat memberikan pengaruh buruk pada kesehatan. Padahal, lemak ini justru sangat baik untuk melindungi kesehatan jantung Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa asam oleat dalam alpukat dapat meningkatkan kesehatan jantung. Asam oleat merupakan asam lemak utama yang terdapat di dalam alpukat.

Mencegah kanker
Berdasarkan sebuah studi, ekstrak alpukat dapat menghentikan pertumbuhan sel-sel prakanker yang dapat memicu kanker mulut. Tapi ekstrak ini juga diyakini mempunyai efek yang sama terjadap jenis kanker lainnya. Khasiat buah alpukat yang satu ini menurut beberapa peneliti dihasilkan oleh kandungan folat, vitamin C, vitamin E dan antioksidan.

Anti-inflamasi
Efek kombinasi dari nutrisi yang terkandung dalam alpukat menawarkan manfaat besar sebagai anti-inflamasi (anti-peradangan). Kombinasi unik dari buah alpukat seperti Vitamin C dan E, karotenoid, selenium, seng, pitosterol dan omega-3 asam lemak dapat membantu mencegah peradangan. Hal ini menunjukkan bahwa alpukat dapat membantu mengatasi atau mengurangi risiko penyakit osteoarthritis dan rematik.

Sumber vitamin B1
Kehadiran tiamin yang terdapat di dalam alpukat membuatnya sangat bermanfaat dalam meningkatkan metabolisme lemak dan karbohidrat. Selain itu, buah ini juga dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan, peredaran darah, dan kinerja sistem saraf.

Sumber vitamin B2
Riboflavin yang terkandung di dalam alpukat dapat mendorong pembentukan sel darah merah dan membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah atau dengan kata lain dapat meningkatkan aliran darah.

Mencegah Stroke
Sebagaimana yang telah dijelaskan, mengkonsumsi satu buah alpukat setiap hari dapat membantu seseorang terhindar dari penyakit stroke. Tentunya hal ini dipengaruhi oleh adanya asam folat di dalam buah alpukat yang cukup besar.

Mengatasi sakit maag
Sakit maag memang sangat menyebalkan, jika Anda salah satu pengidap penyakit ini sebaiknya mulai sekarang konsumsilah buah alpukat secara teratur.

Mengontrol gula darah
Alpukat juga mengandung lemak tak jenuh yang mampu mengembalikan resistensi insulin, sehingga membantu tubuh untuk mengatur gula darah secara teratur. Selain itu, serat makanan di dalamnya juga membantu mempertahankan tingkat gula darah.

Menyehatkan mata
Tinggalkan krim mahal dan beralih ke alpukat. Masker alpukat adalah ramuan paling mujarab untuk mengurangi kantung mata. Cukup oleskan masker alpukat di sekitar mata dan diamkan selama 20 menit.

Mencegah cacat lahir
Tingginya jumlah folat yang mencapai 23 persen jumlah harian folat dari secangkir alpukat sangat penting untuk pencegahan cacat lahir seperti kerusakan saraf pada bayi.

Mengatasi bau mulut
Buah alpukat merupakan pencuci mulut alami yang baik dan dapat membersihkan usus yang merupakan penyebab bau mulut.

Selain memiliki manfaat untuk kesehatan, buah alpukat juga berkhasiat untuk perawatan kecantikan, seperti wajah, rambut dan kulit.

Masker wajah
Alpukat dapat memberi keajaiban bagi kulit Anda. Adapun caranya yakni dengan memanfaatkannya sebagai masker wajah alami. Pertama-tama haluskan satu alpukat kemudian tambahkan 1 putih telur, 2 sdm oatmeal, dan 1 sdt air jeruk nipis. Sapukan masker ke seluruh bagian wajah dan biarkan selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu.

Menghaluskan kulit
Buah alpukat juga mengandung cukup banyak vitamin E yang sangat bermanfaat bagi kecantikan kulit. Caranya campurkan seperempat bagian alpukat dengan 1 butir putih telur, 2 sendok makan outmeal, dan satu sendok makan lemon joice. Campur dan ratakan pada tangan. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat dan keringkan.

Pewarna alami
Biji alpukat digunakan dalam industri pakaian sebagai campuran pewarna pakaian agar tidak mudah luntur. Tak hanya itu saja, sebab bijinya juga dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi dan diabetes. Sementara kulit pohonnya digunakan sebagai pewarna warna cokelat pada produk dari bahan kulit.

Masker rambut
Jika rambut terlihat kusam dan kering, Anda bisa melembabkannya kembali dengan buah alpukat. Caranya cukup mudah, haluskan alpukat dan gunakan sebagai masker rambut. Diamkan selama beberapa menit dan bilas hingga bersih.

Mencegah penuaan dini
Berkat adanya anti-oksidan yang terdapat di dalam buah alpukat, sehingga buah ini dapat menjaga sistem imun tubuh, memperlambat penuaan, dan mendorong sistem saraf yang sehat.

Selain manfaat yang telah disebutkan, daging buah alpukat juga dapat digunakan untuk mengobati sariawan dan melembabkan kulit yang kering. Bahkan, daun alpukat juga berkhasiat untuk mengobati darah tinggi, sakit kepala, nyeri saraf, nyeri lambung, dan pembengkakan pada saluran napas. Sumber serat yang cukup tinggi yang terdapat pada buah alpukat adalah salah satu daya tarik untuk memulai menghidangkan buah yang kaya manfaat ini ke dalam menu makanan harian anda. Dengan mencukupi kebutuhan serat yang diperlukan oleh tubuh, maka sistem pencernaan akan lebih sehat juga terhindar dari berbagai masalah seperti sembelit.
Fakta Seputar Manfaat Alpukat bagi Kesehatan dan Kecantikan KulitTitle : Fakta Seputar Manfaat Alpukat bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit ~ unikposts
Description : Alpukat atau yang disebut juga sebagai apokat adalah tumbuhan penghasil buah meja dengan nama yang sama. Salah satu tumbuhan ini berasal da...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|
-->