10/01/2014

10 Manfaat Ajaib Oatmeal bagi Kesehatan Tubuh

10 Manfaat Ajaib Oatmeal bagi Kesehatan Tubuh -
unikposts -
Oatmeal, juga dikenal sebagai gandum putih, adalah butiran gandum atau bubur yang terbuat dari gandum (juga disebut oatmeal sereal atau Stirabout). Oatmeal juga bisa disebut emping gandum, oat hancur, atau gandum digulung. Ini adalah makanan yang berbahan gandum dengan serat tinggi yang dapat membantu menjaga kadar kolestrol dan gula darah tetap normal. Mengkonsumsi oatmeal sangat cocok bagi Anda yang sedang menjalani diet dan menurunkan kolestrol.
10 Manfaat Ajaib Oatmeal bagi Kesehatan Tubuh
Oatmeal
Banyak praktisi medis dan ahli gizi belakangan ini mendorong pasien diabetes dan jantung untuk mengkonsumsi oatmeal, terutama karena khasiatnya dalam membantu menjaga kadar kolesterol dan gula darah tetap normal. Selain kandungan serat yang tinggi, oatmeal juga menyediakan magnesium, protein, fosfor dan thiamin, yang berperan penting dalam memproduksi energi. Bagi Anda yang penasaran ingin mengetahui lebih luas tentang apa saja manfaat sehat yang bisa kita dapatkan dari salah satu makanan produk gandum ini, mari simak yang berikut.

1. Mencegah kanker
Kanker adalah suatu penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk tumbuh tidak terkendali atau bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik yag disebut metastasis. Penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi dalam jumlah tinggi serat memiliki penurunan risiko terkena kanker, terutama jika berasal dari serat gandum. Serat tidak larut dalam serealia utuh akan menyerang karsinogen dan menurunkan kadar estrogen dalam tubuh, sehingga melindungi tubuh dari perkembangan kanker.

2. Menurunkan kolesterol
Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Oatmeal merupakan sumber makanan yang kaya serat larut, yang juga ditemukan pada apel, pir dan prunes. Serat larut dapat menghambat tubuh dalam penyerapan kolesterol LDL. Satu atau setengah cangkir oatmeal mengandung lebih dari lima gram serat, jumlah yang cukup untuk mengurangi tingkat kolesterol Anda.

3. Tinggi antioksidan
Antioksidan adalah zat yang mampu memperlambat atau mencegah proses oksidasi. Zat ini mampu memperlambat atau menghambat oksidasi zat yang mudah teroksidasi meskipun dalam konsentrasi rendah. Antioksidan juga didefinisikan sebagai senyawa-senyawa yang melindungi sel dari efek berbahaya radikal bebas oksigen reaktif jika berkaitan dengan penyakit, radikal bebas ini dapat berasal dari metabolisme tubuh maupun faktor eksternal lainnya. Oatmeal mengandung tipe khusus dari antioksidan yang disebut avenanthramide. Antioksidan ini mampu melawan radikal bebas yang menyerang HDL atau dikenal sebagai kolesterol baik. Selain itu, senyawa ini juga melindungi kolesterol LDL dari proses oksidasi, sehingga meminimalisir risiko penyakit kardiovaskular.

4. Mencegah pengembangan diabetes
Diabetes adalah kelainan metabolik yang disebabkan oleh banyak faktor, dengan simtoma berupa hiperglikemia kronis dan gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein. Selain kaya serat, oatmeal adalah sumber magnesium, yang mampu mengatur insulin dan kadar glukosa. Berbagai temuan telah menunjukkan bahwa, selama delapan tahun, mereka yang makan diet kaya sereal dapat mengurangi risiko diabetes hingga 31 persen. Untuk mendapatkan manfaat optimal, Anda bisa menambahkan susu ke dalam oatmeal. Selain itu, tambahan dari susu rendah lemak juga dapat menurunkan risiko diabetes.

5. Meningkatkan sistem imun tubuh
Sistem imun tubuh, adalah sistem pertahanan manusia sebagai perlindungan terhadap infeksi dari makromolekul asing atau gangguan organisme, termasuk virus, bakteri, protozoa dan parasit. Sistem imun juga berperan dalam perlawanan terhadap protein tubuh dan molekul lain seperti yang terjadi pada autoimunitas, dan melawan sel yang teraberasi menjadi tumor. Oatmeal mengandung beberapa jenis serat yang disebut beta-gluten serat. Serat ini mampu melindungi Anda terhadap penyakit jantung dan juga meningkatkan sistem imunitas. Hal ini membantu sel-sel kekebalan tubuh dalam mencari dan memperbaiki daerah pada bagian tubuh yang terganggu oleh infeksi bakteri.

6. Mencegah pengerasan arteri
Avenanthramides tidak hanya melindungi terhadap penyakit jantung, namun senyawa antioksidan ini juga mampu mencegah arteri dari pengerasan. Avenanthramides bekerja dengan menekan produksi molekul yang memungkinkan untuk mencegah pengerasan dinding arteri. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang lanjut usia yang makan enam porsi serealia utuh seminggu dapat mengurangi risiko berkembangnya aterosklerosis. Ateroskleorosis adalah suatu kondisi di mana terjadi penumpukan plak di sepanjang lorong-lorong pembuluh darah dan memperlambat perkembangan stenosis, yang menyebabkan lorong-lorong dari arteri menyempit. Manfaat oatmeal bagi kesehatan kardiovaskular akan menjadi lebih besar bila dikonsumsi dengan vitamin C.

7. Bisa di konsumsi untuk pasien celiac
Celiac adalah suatu kondisi medis yang ditandai dengan kerusakan pada usus halus yang dapat mengakibatkan ketidakmampuan untuk mencerna nutrisi tertentu. Celiac merupakan sindrom malabsoprsi di mana usus tidak mampu menyerap nutrisi makanan. Kerusakan ini dikarenakan oleh reaksi terhadap konsumsi gluten, yang ditemukan pada terigu, barley, gandum hitam, dan sejenis gandum lainnya. Orang dewasa dan anak-anak yang menderita penyakit celiac umumnya tidak dapat mengkonsumsi gluten (suatu senyawa protein yang terdapat pada gandum ), namun hasil riset menunjukkan bahwa mereka bisa makan oatmeal meskipun mengandung sedikit gluten.

8. Mengurangi risiko hipertensi
Hipertensi, tekanan darah tinggi, atau hipertensi arteri, adalah kondisi medis kronis dengan tekanan darah di arteri meningkat. Peningkatan ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya. Kandungan serat yang tinggi pada oatmeal tidak hanya menawarkan manfaat kesehatan terhadap jantung, tetapi juga penurunan risiko tekanan darah tinggi. Sebuah rekomedasi bagi yang lanjut usia, yang cenderung berisiko mengalami hipertensi, harus makan setidaknya enam porsi oatmeal atau biji-bijian lain setiap minggunya. Studi menunjukkan bahwa lansia dapat bisa mengurangi risiko gagal jantung jika mereka makan satu mangkuk sereal gandum atau oatmeal, setiap hari.

9. Mencegah obesitas
Kegemukan atau obesitas ialah suatu kondisi medis berupa kelebihan lemak tubuh yang terakumulasi sedemikian rupa sehingga dapat meningkatkan masalah kesehatan. Oatmeal sangat kaya serat, itu akan membuat Anda lebih penuh untuk jangka waktu yang lebih lama. Serat akan meningkatkan viskositas isi perut sehingga akan memakan waktu lebih lama untuk mengosongkan usus. Merasa penuh untuk jangka waktu yang lebih lama juga akan mencegah kebutuhan untuk cemilan makanan manis atau asin sepanjang hari. Penelitian telah menghubungkan rendahnya risiko obesitas pada anak-anak yang rutin makan oatmeal.

10. Menjaga kesehatan tulang dan gigi
Sebagian besar fosfor terdapat dalam tulang dan gigi. Bersama dengan kalsium, fosfor akan membentuk suatu senyawa yang bernama kalsium fosfat. Kalsium fosfat adalah senyawa utama yang dapat memperkuat struktur tulang dan gigi. Mencukupi kebutuhan mineral fosfor dapat mengurangi risiko osteoporosis dan gangguan kesehatan gigi. Ini adalah salah satu manfaat oatmeal, karena makanan ini mengandung fosfor yang berguna bagi kesehatan tulang dan gigi.
10 Manfaat Ajaib Oatmeal bagi Kesehatan TubuhTitle : 10 Manfaat Ajaib Oatmeal bagi Kesehatan Tubuh ~ unikposts
Description : Oatmeal, juga dikenal sebagai gandum putih, adalah butiran gandum atau bubur yang terbuat dari gandum (juga disebut oatmeal sereal atau Sti...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|