10/05/2014

Ragam Manfaat Kacang Kedelai bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Ragam Manfaat Kacang Kedelai bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit -
unikposts -
Kedelai, atau kacang kedelai, adalah salah satu tanaman polong-polongan yang menjadi bahan dasar banyak makanan dari Asia Timur seperti kecap, tahu, dan tempe. Menurut Wikipedia, biji kedelai umumnya berbentuk bulat lonjong tetapi ada pula yang bundar atau bulat agak pipih. Biji-bijian yang satu ini terkenal sebagai sumber protein nabati yang sehat untuk dikonsumsi sehari-hari. Selain kaya akan protein, kedelai juga rendah lemak, tinggi serat, serta mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh. Penghasil kedelai utama dunia adalah Amerika Serikat, meskipun kedelai baru dibudidayakan masyarakat di luar Asia setelah 1910. Di Cina, tanaman kedelai Sudah dibudidayakan lebih dari 3500 tahun yang lalu, dan telah menyebar ke negara Jepang hingga negara-negara Asia Tenggara. Kedelai mengambil masa ribuan tahun untuk tiba di negara-negara Eropa, dan kita telah mengenal kedelai, berkat perdagangan jaman dulu dengan tiongkok dan juga di perkenalkan oleh belanda tahun 1910. Di Indonesia sendiri kita biasa mengkonsumsinya dalam bentuk tahu dan tempe. 
Ragam Manfaat Kacang Kedelai bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit
Kacang Kedelai
Kedelai bahkan bisa dijadikan sumber protein pengganti daging untuk mereka yang menganut gaya hidup vegetarian. Selain baik untuk kesehatan tubuh, ternyata kedelai (soybean) juga baik untuk menjaga kecantikan Anda. Buktinya minyak kedelai sering dijadikan bahan tambahan dalam produk kosmetik kecantikan, misalnya lotion dan krim pelembap wajah. Kedelai terbentuk dari 40% protein dan lemak sekitar 20%, dibagi menjadi lemak jenuh dan tidak jenuh, jumlah kandungan mineral juga sangat berlimpah, beberapa diantaranya adalah kalium, kalsium, fosfor, dan magnesium. Sementara sejumlah vitamin lainnya yaitu vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, E, dan sedikit vitamin C. Lantas, apa saja manfaat kedelai untuk kesehatan dan kecantikan? Berikut ini beberapa khasiat kedelai untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

1. Menurunkan kolesterol
Zat-zat dalam tempe yang berkhasiat untuk menurunkan lemak adalah protein, PUFA, serat, niasin, vitamin E, karetenoid, isoflavon, dan kalsium. Mengkonsumsi tempe dalam jumlah tertentu secara teratur, dapat menurunkan kolesterol total dan LDL. Jadi, dapat disimpulkan bahwa  Kacang kedelai bisa mereduksi kadar kolesterol di dalam darah.

2. Meningkatkan kecerdasan dan daya ingat
Kacang-kacangan merupakan makanan yang spesial karena memiliki banyak manfaat berupa energi yang berasal dari karbohidrat kompleks dan protein. Semua jenis kacang, termasuk kedelai juga merupakan sumber serat, mineral, dan vitamin. Kacang kedelai dikatakan baik untuk otak karena makanan ini dapat memberikan energi lebih lama dan membantu kemampuan berpikir anak-anak.

3. Melawan kanker
Kanker atau neoplasma ganas adalah penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel. Kacang kedelai mengandung fitoestrogen, zat yang mirip hormon estrogen, dan juga isoflavon yang berfungsi sebagai antioksidan. Mengkonsumsi kedelai secara rutin akan membantu anda terhindar dari berbagai jenis kanker.

4. Mencegah diabetes
Diabetes adalah kelainan metabolik yang disebabkan oleh banyak faktor, dengan simtoma berupa hiperglikemia kronis dan gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein. Kandungan insitol  pada kacang kedelai bisa menanggulangi penyakit diabetes. Selain itu, serat, dan vitamin B kompleks, serta kandungan asam aminonya membuat tempe sumber protein sempurna bagi penderita diabetes. Serat pada kacang kedelai juga sangat bermanfaat untuk mengendalikan kadar gula darah.

5. Mencegah radikal bebas

Antioksidan merupakan zat yang mampu memperlambat atau mencegah proses oksidasi. Radikal bebas adalah spesies yang tidak stabil. Zat ini secara nyata mampu memperlambat atau menghambat oksidasi zat yang mudah teroksidasi meskipun dalam konsentrasi rendah. Dengan mengkonsumsi kacang kedelai seperti tempe, tahu dan lainnya, sel dalam tubuh akan terlindungi dari pengaruh buruk radikal bebas karena kacang kedelai mengandung antioksidan. 

6. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit tulang yang mempunyai sifat-sifat khas berupa massa tulang yang rendah, disertai mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang akhirnya dapat menimbulkan kerapuhan tulang. Senyawa fitoestrogen pada kacang kedelai mampu mencegah osteoporosis. Belum lagi ekstra kalsium dalam tahu yang dibuat dengan kalsium klorida, proteinnya juga bermanfaat untuk mengurangi pengeluaran kalsium melalui urin. 

7. Mengobati anemia

Anemia adalah keadaan saat jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal. Tempe yang mengalami fermentasi meningkatkan aktivitas vitamin B12 yang berperan dalam pembentukan sel-sel darah merah. Seperti yang kita ketahui bahwa sel darah merah berperan penting dalam mencegah anemia.

8. Menjadikan kulit sehat
Kedelai mengandung vitamin E yang dapat membantu untuk memperbarui sel-sel kulit mati. Pembaruan sel ini penting untuk kesehatan kulit Anda. Untuk mendapatkan manfaat vitamin E dalam kedelai Anda bisa memanfaatkannya untuk masker atau lulur. Anda tinggal menghaluskan kedelai dengan sedikit air dan mengoleskannya pada wajah atau tubuh Anda. Biarkan selama 20 sampai 25 menit agar nutrisinya meresap sempurna ke dalam kulit. Setelah itu bilas dengan air. Lakukan perawatan ini tiga kali seminggu untuk hasil terbaik.

9. Pelembab kulit
Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan lotion pelembap dan krim wajah yang mengandung kedelai atau minyak kedelai. Kedelai memang mengandung vitamin E yang sangat diperlukan untuk menjaga kelembapan dan kesehatan kulit. Pelembap alami dalam kedelai juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kulit kering yang terkelupas. Selain itu, minyak kedelai juga cenderung lebih encer daripada minyak kelapa jadi lebih mudah meresap ke dalam kulit dan tidak membuatnya tampak berminyak.

10. Mencegah penuaan dini
Selain bermanfaat sebagai pelembab, kedelai juga dapat mengurangi tanda-tanda penuaan seperti perubahan warna kulit, keriput, bintik hitam, serta garis-garis halus di sekitar mata dan bibir. Fitoestrogen dalam kedelai dapat membantu tubuh untuk meningkatkan dan menghasilkan lebih banyak estrogen, hormon penting yang mempertahankan elastisitas kulit. Selain itu kedelai juga memiliki manfaat bio-lipid yang berguna untuk pencegahan keriput. Ahli kimia Dave Compton dan Joe Laszlo dari Agricultural Research Service menemukan bio-lipid dalam kedelai yang disebut gliserida bisa mencegah keriput.

11. Kuku sehat dan kuat
Jika Anda memiliki kuku yang rapuh dan mudah patah, selain merendamnya dengan air garam atau mengoleskan bawang putih Anda juga bisa memanfaatkan kedelai. Sertakan kedelai dalam diet biasa Anda paling tidak selama enam bulan. Bisa dalam bentuk tempe, tahu, edamame, atau susu kedelai. Mengkonsumsi kedelai dapat membantu membuat kuku Anda lebih kuat. Selain itu, kedelai juga bisa digunakan untuk perawatan topikal dengan mengoleskan bijinya yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan sedikit air ke permukaan kuku. Ini akan menjadikan kuku lebih lembap dan juga bisa mengobati infeksi jamur kuku.

12. Rambut sehat dan berkilau
Kedelai bisa menjadikan rambut lebih lembuh, berkilau, dan tidak mudah rontok. Gunakan jus kacang kedelai untuk masker rambut atau cream bath secara teratur. Lakukan perawatan ini selama tiga bulan dan Anda akan mendapatkan rambut yang halus serta berkilau sehat. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan minyak kedelai untuk kondisioner alami setelah keramas.

13. Mencegah rambut rontok
Selain bermanfaat untuk kesehatan rambut, kedelai juga memiliki manfaat dalam mengobati kerontokan rambut, terutama untuk pria. Berdasarkan sebuah studi tahun 2004 yang dilakukan oleh Trent D. Lund dari University of Colorado, kedelai memiliki sifat anti-androgen, yang berfungsi untuk menetralkan kelebihan hormon. Kelebihan hormon ini dapat menyebabkan rambut rontok.
Ragam Manfaat Kacang Kedelai bagi Kesehatan dan Kecantikan KulitTitle : Ragam Manfaat Kacang Kedelai bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit ~ unikposts
Description : Kedelai, atau kacang kedelai, adalah salah satu tanaman polong-polongan yang menjadi bahan dasar banyak makanan dari Asia Timur seperti kec...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|