10/29/2014

Solusi Atasi Tekanan Darah Tinggi

Solusi Atasi Tekanan Darah Tinggi -
unikposts -
Tekanan darah tinggi adalah kondisi medis kronis yang disebabkan tekanan darah di arteri meningkat sehingga jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mendistribusikan darah melalui pembuluh darah. Kenaikan tekanan darah dapat disebabkan oleh penyempitan pembuluh sehingga menimbulkan timbunan lemak dan zat-zat lain. Hipertensi jarang menunjukkan gejala, untuk mendeteksi gejala biasanya melalui skrining, atau saat mencari penanganan medis untuk masalah kesehatan yang tidak berkaitan. Beberapa orang dengan tekanan darah tinggi melaporkan sakit kepala (terutama di bagian belakang kepala dan pada pagi hari), pusing, vertigo, tinitus (dengung di dalam telinga), gangguan penglihatan, dan pingsan. Ada dua type pengukuran tekanan darah waktu jantung berkontradiksi, namun diastol yaitu tekanan darah waktu jantung beristirahat atau relaksasi.
Solusi Atasi Tekanan Darah Tinggi

Umumnya, tekanan darah normal manusia yaitu berkisar antara 90 sampai 120 untuk sistolik, dan untuk diastolik 60 sampai 80. Jika tekanan darah melebihi angka tersebut, dapat dipastikan terkena hipertensi. Untuk mengontrol tekanan darah biasanya memakai alat yang dinamakan shpigmomanometer atau yang dikenal dengan tensimeter. Tekanan darah tinggi, atau yang disebut juga dengan hipertensi arteri ini dapat mengakibatkan penyakit jantung koroner, dan gagal ginjal. Beberapa faktor penyebab hipertensi adalah keturunan, usia, stress berkepanjangan, mengkonsumsi garam berlebih, jarang berolahraga, dan kegemukan (obesitas). Cukup banyak orang yang mengalami hipertensi tetapi tidak menyadarinya.

Beberapa solusi untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Konsumsi buah-buahan yang kaya akan serat setiap hari. Jenis buah-buahan yang sangat direkomendasikan untuk pasien penderita tekanan darah tinggi adalah buah jeruk, apel, dan pisang. Rutin mengkonsumsi sayuran hijau juga dapat membantu sistem pemulihan tekanan darah tinggi. Sayur bayam, brokoli, kacang panjang, dan buncis patut ada pada setiap daftar menu harian anda.

Rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung unsur omega 3 juga dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah dan penyembuhan hipertensi. Umumnya, konsumsi omega 3 digabungkan dengan sebagian obat diuretik seperti tablet hydrochlorothiazide, dan lasix. Obat tersebut adalah golongan obat hipertensi yang bekerja dengan meningkatkan pengeluaran cairan tubuh. Selain itu, beta-blockers seperti atenolol, dan capoten, adalah obat yang dapat digunakan dalam usaha untuk mengontrol tekanan darah dengan langkah memperlambat kerja jantung dan memperlebar pembuluh darah.

Cara selanjutnya yaitu perbanyak konsumsi suplemen potasium atau kalium 2 sampai 4 gram per hari. Potasium biasa terdapat dalam buah-buahan maupun sayuran seperti buah melon, pare, labu siam, bligo, labu parang, mentimun, alpukat, lidah buaya, seledri, bawang putih adalah contoh buah-buahan dan sayur yang tinggi kadar potasiumnya.

Melakukan diet tekanan darah tinggi. Pertama, diet konsumsi garam (sodium atau natrium). Caranya, jangan menaruh garam di atas meja makan untuk menghindari tambahan garam pada saat menyantap makanan. Selain itu, tentukan makanan dengan kandungan sodium rendah. Batasi juga mengkonsumsi daging dan keju dan hindari makanan ringan bercita rasa asin. Untuk anda yang hobi mencampurkan saus supaya menghentikan hobi tersebut.

Perubahan gaya hidup yang efektif dapat menurunkan tekanan darah setara dengan masing-masing obat antihipertensi. Kombinasi dari dua atau lebih perubahan gaya hidup dapat memberikan hasil lebih baik. Bahan alami yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi adalah bawang putih, seledri, dan kulit manggis. Berikut ini beberapa cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan menggunakan bahan alami.

Mengkonsumsi bawang putih
Umbi tanaman dari genus Allium ini sangat berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Bukan tanpa alasan, karena senyawa alisin yang terdapat pada bawang putih bermanfaat untuk melebarkan dan mencegah pembekuan darah, yaitu penyebab utama hipertensi. karakter bawang putih yang lain yang baik untuk mengatasi darah tinggi yaitu kemampuannya meminimalisir lemak dan menurunkan kadar LDL.

Cara terbaik untuk mengobati penyakit tekanan darah tinggi menggunakan bawang putih yaitu mengkonsumsinya sewaktu masih dalam kondisi segar. Pertama-tama, siapkan 3 siung bawang putih yang telah di kupas dan dicuci bersih, tumbuk sampai halus kemudian diperas dengan ditambah air secukupnya, lalu airnya diminum. Lakukan sebanyak 3 kali sehari. Atau dengan cara mengkonsumsi bawang putih sebanyak 3 siung, yang dikonsumsi dengan nasi.

Minum jus seledri
Seledri adalah sayuran daun dan tumbuhan obat yang biasanya digunakan sebagai bumbu masakan. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Apium graveolens ini juga sangat ampuh untuk mengobati tekanan darah tinggi dan telah sejak lama digunakan dalam penyembuhan tradisional Tiongkon. Bahkan, baru-baru ini para peneliti sudah membuktikan bahwa minum jus seledri setiap hari selama satu pekan dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah. Hal ini di dukung oleh tingginya kalium, mineral, dan antioksidan yang ada di dalamnya. Selain itu, seledri juga diketahui memiliki kandungan senyawa Butylphthalide yang berguna untuk merenggangkan atau melebarkan otot-otot dinding arteri supaya aliran darah lebih lancar. Butylphthalide juga berperan penting untuk mengurangi stres yang dapat mengakibatkan pembuluh darah mengerut.

Cara untuk mengobati penyakit tekanan darah tinggi menggunakan jus seledri yaitu siapkan seledri secukupnya dan air sebanyak 1 gelas. Daun seledri dicuci bersih kemudian diblender dan ditambah air. Kemudian disaring, jus seledri siap diminum sebanyak 1 kali sehari setelah makan. Perlu diketahui, sebelum minum jus seledri, sebaiknya kenali tensi darah anda. Setelah anda minum jus seledri selama 1 sampai 2 minggu, sebaiknya cek kembali tensi darah anda dan segera hentikan jika tekanan darah anda telah kembali normal. Bahan alami untuk mengobati darah tinggi ini ternyata murah dan mudah diperoleh, karena merupakan tanaman sayuran yang sehari-hari kita temukan di dapur.

Mengkonsumsi manggis
Kulit manggis kaya akan antioksidan yang berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi, kandungan senyawa xanthone yang terdapat dalam kulit manggis merupakan kandungan antioksidan yang kuat melebihi vitamin C dan E. Ketika anda makan buah manggis, kulitnya jangan langsung dibuang. Karena di dalam kulit manggis tersebut terdapat khasiat yang besar bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah untuk menurunkan tekanan darah tinggi. anda dapat memperoleh memanfaatkannya dengan cara mengolah kulit buah manggis menjadi minuman yang dikonsumsi secara rutin. Minuman sari kulit buah manggis terkenal dengan nama sirup xanthone. Namun, anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Cara untuk mengobati penyakit tekanan darah tinggi menggunakan kulit manggis. Cuci bersih 2 kulit buah manggis, kemudian direbus dengan 4 gelas air. Masak hingga mendidih dan tersisa 2 gelas. Minum secara rutin 2 sampai 3 kali sehari. Selain itu, anda juga dapat mengolah jus buah manggis seperti membuat jus pada umumnya. Bila kurang manis, anda bisa menambahkan madu. Selamat mencoba!
Solusi Atasi Tekanan Darah TinggiTitle : Solusi Atasi Tekanan Darah Tinggi ~ unikposts
Description : Tekanan darah tinggi adalah kondisi medis kronis yang disebabkan tekanan darah di arteri meningkat sehingga jantung harus bekerja lebih ker...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|
-->