10/19/2014

Ragam Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Ragam Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit -
unikposts -
Kunyit atau kunir, ialah salah satu tanaman rempah dan obat yang berasal dari wilayah Asia Tenggara. Hampir setiap masakan lezat dari Indonesia tidak luput dari kunyit sebagai bumbunya. Selain dijadikan sebagai bumbu masak, kunyit yang memiliki nama ilmiah Curcuma longa ini juga dijadikan bahan pembuat jamu dan ramuan obat tradisional. Selain di Indonesia, kunyit juga dijadikan rempah-rempah yang biasa digunakan dalam masakan di negara-negara Asia. Kunyit sering digunakan sebagai bumbu dalam masakan sejenis gulai, dan juga digunakan untuk memberi warna kuning pada masakan, atau sebagai pengawet alami. Di zaman serba modern ini, banyak produk-produk kecantikan yang menggunakan kunyit sebagai bahan dasarnya. Produk farmasi berbahan baku kunyit, mampu bersaing dengan berbagai obat paten. Hal tersebut tidak lain karena kunyit memang sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit. Salah satunya adalah untuk menghaluskan kulit dan menghilangkan noda hitam di wajah.
Kunyit
Kunyit (Curcuma longa)
Kandungan utama kunyit adalah kurkumin dan minyak atsiri. Selain itu, kunyit juga mengandung senyawa yang berkhasiat obat, yaitu kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin, dan bisdesmetoksikurkumin juga zat-zat bermanfaat lainnya seperti minyak atsiri yang terdiri dari Keton sesquiterpen, turmeron, tumeon, Zingiberen, felandren, sabinen, borneol dan sineil. Kunyit juga mengandung, vitamin C, dan garam-garam mineral seperti zat besi, fosfor, dan kalsium. Berikut ini kami rangkum untuk Anda, beberapa manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit yang perlu untuk diketahui.

Antioksidan dan fitonutrien dalam kunyit meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Hal ini membantu dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga membuat Anda sehat. Kurkumin yang terkandung dalam kunyit juga hadir dengan antioksidan, antimikroba, anti-inflamasi, dan sifat anti-glikemik. Sifat ini dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga mencegah beberapa penyakit, termasuk diabetes.

Kunyit merupakan salah satu komponen yang membantu untuk melembabkan kulit dan mencegah kulit kering. Jika dikonsumsi secara rutin, kunyit dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Sehingga Anda akan terhindar dari berbagai jenis penyakit. Kunyit adalah rempah-rempah yang ideal jika Anda ingin menurunkan berat badan, karena dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh Anda, membantu mengelola berat badan secara efektif.

Sebagai antiseptik alami, kunyit yang dalam bahasa Inggris disebut Turmeric ini juga dapat membantu menyembuhkan luka lebih cepat. Kunyit dapat menyembuhkan pigmentasi yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Kunyit memberikan kontribusi dalam pertumbuhan sel dan meremajakan sel kulit. Dengan cara ini, Anda dapat memperlambat proses penuaan.

Selain berguna untuk memperlambat penuaan, kunyit juga dapat membantu melawan gangguan kulit, seperti eksim, psoriasis, dan ruam merah, juga membantu meringankan stretch mark atau selulit. Bahkan, kunyit juga dapat membersihkan kulit wajah secara alami, sehingga warna kulit lebih bersinar dan cerah. Kunyit memiliki peran penting dalam hal mencegah leukemia. Tidak hanya bermanfaat untuk mencegah leukemia, rheumatoid juga dapat disembuhkan dengan kunyit karena mengandung anti-inflamasi.

Kunyit dapat mengurangi kemungkinan terkena kanker karena memiliki sifat anti-kanker. Dapat mendetoksifikasi toksin berbahaya dan bahan kimia dari tubuh Anda. Kunyit dapat mencegah proses penuaan karena memiliki sifat antioksidan. Secara alami, kunyit dapat menyembuhkan memar dan mencerahkan luka bekas terbakar.

Pengobatan menggunakan kunyit bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu pengobatan luar dan pengobatan dari dalam. Untuk pengobatan dalam biasanya kunyit dijadikan minuman atau sebagai jamu. Sementara untuk pengobatan luar, kunyit diparut atau diblender dan dijadikan masker. Bisa juga dibuat salep dan ditempelkan pada bagian yang sakit. Untuk penggunaan eksternal, Anda bisa membuat pasta kunyit dengan tepung buncis dan sedikit air. Terapkan pasta ini sebagai masker, diamkan selama 10 - 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Sementara untuk penggunaan internal, Anda dapat mengkonsumsi satu sendok teh kunyit bubuk. Bisa juga dicampur dengan susu atau gula. Tambahkan air hangat, aduk hingga merata dan minum secara teratur tiap hari.

Mengobati koreng dan gatal-gatal pada kulit
Masalah ini dapat diatasi dengan menggunakan kunyit yang ditumbuk dan dicampur dengan minyak, kemudian oleskan di area yang bermasalah.

Kunyit untuk mencegah infeksi
Mikroorganisme parasit Patogen seperti virus Coxsackie B4 dapat meningkatkan risiko diabetes tipe-1. Sifat antivirus, antibakteri, dan antibiotik kunyit dapat mencegah dan mengobati diabetes juga mengontrol infeksi.

Kunyit untuk mengurangi lemak
Diabetes sering disertai dengan kenaikan berat badan. Selain itu, kelebihan berat badan adalah salah satu penyebab diabetes. Jadi, kunyit membantu mencegah diabetes dengan mengendalikan berat badan melalui kandungan kurkumin. Selain itu, kandungan kurkumin juga dapat menghilangkan dan mencegah akumulasi lemak berbahaya pada tubuh.

Kunyit untuk mengatur insulin
Ini merupakan salah satu manfaat kunyit untuk penyakit diabetes. Pankreas menghasilkan insulin dalam tubuh manusia, anti-glikemik dalam kunyit mengatur dan menyeimbangkan kadar insulin, serta mencegah resistensi insulin dengan cara menurunkan kadar gula darah juga trigliserida dalam tubuh Anda.

Kunyit untuk menyembuhkan hidung tersumbat
Selain bermanfaat untuk mencegah infeksi, mengurangi lemak dan mengatur insulin, kunyit juga berkhasiat untuk menyembuhkan hidung yang tersumbat. Adapun caranya yaitu dengan membakar kunyit dan menghirup aromanya.
Ragam Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan KulitTitle : Ragam Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit ~ unikposts
Description : Kunyit atau kunir, ialah salah satu tanaman rempah dan obat yang berasal dari wilayah Asia Tenggara. Hampir setiap masakan lezat dari Indon...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|
-->