10/18/2014

Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap pada Mulut secara Alami

Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap pada Mulut secara Alami -
unikposts -
Bau mulut adalah salah satu hal yang sangat mengganggu. Bau tak sedap dari mulut dapat menyebabkan anda tersisih dari teman. Selain itu, bau mulut juga dapat membuat anda kehilangan kepercayaan diri. Menjaga pola hidup yang sehat tentunya menjadi kewajiban setiap orang. Karena dengan menjaga kesehatan maka kita dapat beraktifitas seperti biasanya. Mulut merupakan bagian penting dari tubuh yang harus dijaga kesehatannya, dimulai dari pola makan yang sehat dan teratur.
Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap pada Mulut secara Alami
Bau Mulut
Seandainya makanan yang kita konsumsi tidak sehat atau pola makan kita tidak teratur, maka beberapa macam penyakit akan datang pada mulut kita. Bau mulut sebenarnya dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti:

Faktor makanan, beberapa jenis makanan yang berbau dapat menyebabkan bau tak sedap pada mulut. Seperti durian dan bawang putih. Meski demikian, tidak sarapan pagi ternyata juga dapat menyebabkan bau tak sedap pada mulut.

Bermasalah dengan ginjal dan hati, ketika hati dan ginjal bermasalah, jumlah bakteri dalam mulut akan meningkat. Hal inilah yang menyebabkan bau mulut. Jadi, sebaiknya berhati-hati ketika bau mulut Anda tidak kunjung sembuh, bisa jadi ada masalah pada kedua organ ginjal dan hati.

Masalah mulut, beberapa masalah di mulut seperti sariawan dan gusi berdarah juga salah satu faktor penyebab bau tak sedap pada mulut. Infeksi pada saluran tenggorokan juga dapat menyebabkan lendir yang akan bercampur dengan bakteri penyebab bau mulut.

Selain menghindari penyebabnya, Anda juga dapat melakukan beberapa tips untuk mengatasi bau tak sedap pada mulut:

1. Konsumsi sayuran dan buah
Memperbanyak makan sayuran dan buah-buahan dapat melancarkan pencernaan dan meningkatkan produksi air liur. Air liur atau saliva merupakan cairan bening yang dihasilkan oleh mulut yang memiliki salah satu fungsi untuk menghilangkan bakteri secara alami. Buah apel dan stroberi adalah contoh buah yang baik dikonsumsi untuk mengatasi bau mulut. Daun kemangi yang memiliki aroma harum menyengat, sangat ampuh menghilangkan bau mulut. Sementara sayuran lain yang berguna untuk menghilangkan bau mulut secara alami adalah seledri, wortel, apel, dan buah atau sayuran lain yang kaya serat. Karena makanan ini dapat meningkatkan produksi air liur, sehingga menjaga mulut tetap lembap dan bersih.

2. Hindari mengkonsumsi makanan penyebab bau mulut
Selain menjaga kesehatan pencernaan dan mengkonsumsi sayuran, Anda juga perlu menghindari beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan mulut berbau. Termasuk bawang merah, bawang putih, cabai, pete, dan durian.

3. Menjaga kebersihan gigi dan mulut
Menyikat gigi secara rutin sebanyak dua kali sehari dengan benar, dapat membantu untuk mengatasi masalah bau tak sedap pada mulut. Bisa juga diimbangi dengan obat kumur untuk menghilangkan bakteri di tenggorokan dan mulut. Namun, jangan terlalu sering menggunakan obat kumur karena dapat mengurangi produksi air liur.

4. Mengunyah permen karet
Rutin mengunyah permen karet yang rendah gula adalah salah satu cara untuk memutihkan gigi dan menghilangkan bau tak sedap pada mulut. Karena dengan mengunyah permen karet dapat meningkatkan jumlah air liur dan membantu membersihkan sisa-sisa makanan juga meminimalisir kandungan asam yang dapat merusak gigi.

5. Mengunyah permen mint dan hazelnut
Mengunyah permen mint, permen karet dan hazelnut dapat membantu untuk menjaga kesegaran mulut dan mencegah bau tak sedap pada mulut.

6. Mengunyah herbal alami
Rempah-rempah seperti cengkeh, adas, atau biji adas, dapat menghilangkan bau mulut secara alami. Setelah makan, jangan lupa untuk mengunyah cengkeh, adas, atau biji adas supaya napas kembali segar.

7. Konsumsi kayu manis dan madu
Cukup mengkonsumsi satu sendok makan madu dan kayu manis setelah sarapan pagi, dapat membantu untuk menjaga kesegaran mulut seharian penuh.

8. Minum secangkir teh setiap pagi
Berdasarkan sebuah studi mengungkapkan bahwa dengan meminum secangkir teh setiap hari, baik itu teh merah ataupun teh hijau dapat mengatasi bau tak sedap pada mulut. Karena, ternyata kedua jenis teh ini mengandung polifenol, yakni sejenis antioksidan yang dapat menghilangkan bakteri di mulut.

9. Gigi berlubang
Mulut yang berbau bisa disebabkan oleh lubang yang ada pada gigi kita. Gigi berlubang merupakan salah satu faktor yang menyebabkan bau tak sedap pada mulut. Jika demikian, sebaiknya Anda segera menambal gigi atau mencabut gigi yang berlubang ke dokter gigi.

10. Karang gigi
Karang gigi atau "kalkulus gigi" merupakan penyebab bau tak sedap pada mulut. Cara terbaik untuk menghilangkan karang yang menempel di gigi yaitu dengan menggunakan baking soda. Ini adalah bahan alami yang efektif untuk menyingkirkan karang gigi. Tuang beberapa sendok baking soda dan celupkan pada sikat gigi yang basah. Kemudian gosokkan seperti biasa di atas gigi Anda.
Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap pada Mulut secara AlamiTitle : Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap pada Mulut secara Alami ~ unikposts
Description : Bau mulut adalah salah satu hal yang sangat mengganggu. Bau tak sedap dari mulut dapat menyebabkan anda tersisih dari teman. Selain itu, ba...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|