10/17/2014

Mengenal Ragam Manfaat Daun Ketela Rambat untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Ragam Manfaat Daun Ketela Rambat untuk Kesehatan Tubuh -
unikposts -
Ketela rambat atau ubi jalar (Ipomoea batatas) merupakan sejenis tanaman budidaya yang dimanfaatkan akarnya untuk membentuk umbi dengan kadar gizi yang tinggi. Di Afrika, umbi ubi jalar atau yang dalam bahasa Inggris disebut sweet potato ini menjadi salah satu sumber makanan pokok yang penting. Namun, tak hanya umbinya saja yang dapat dimanfaatkan, daun ubi jalar memang tak sepopuler manfaat daun sirsak, daun salam, daun sukun dan khasiat daun mengkudu.
Ketela rambat
Daun Ubi Jalar (Ketela Rambat)
Meski demikian, ternyata rebusan daun ubi jalar ini mampu mengobati berbagai macam penyakit seperti demam berdarah, diabetes, bisul, cacingan dan susah BAB. Di Asia, selain dimanfaatkan umbinya, daun muda ubi jalar juga dibuat sayuran. Berikut kami rangkum untuk Anda, beberapa manfaat dan khasiat ubi jalar dan daunnya bagi kesehatan tubuh yang penting untuk diketahui.

Radang lambung
Ubi jalar menimbulkan efek nyaman di lambung dan usus halus. Vitamin B kompleks, vitamin C, betakaroten, kalium, dan kalsium sangat efektif meredakan radang lambung. Selain itu, serat yang dikandung ubi jalar bisa mencegah terjadinya konstipasi dan penimbunan asam, sehingga akan menurunkan kemungkinan terjadinya radang lambung. Antiperadangan dan kandungan yang menenangkan dari ubi jalar juga bisa mengurangi rasa sakit dan peradangan lambung.

Mengatasi diabetes
Pengidap diabetes seringkali dihimbau untuk menghindari makanan yang manis. Hal ini tidak berlaku pada ubi jalar. Makanan satu ini sangat efektif dalam meregulasi kadar gula darah dengan membantu fungsi insulin. Tetapi, tidak berarti kalau pengidap diabetes bisa makan ubi jalar tanpa aturan. Tetapi, mereka bisa mengganti asupan nasi atau karbohidrat mereka dengan ubi jalar.

Mencegah peradangan
Ubi jalar mengandung antiperadangan, didukung dengan adanya betakaroten, vitamin C dan magnesium, maka ubi jalar sangat efektif dalam menyembuhkan peradangan baik internal maupun eksternal.

Penambahan berat badan
Ubi jalar mengandung karbohidrat kompleks disertai vitamin dan mineral yang mudah dicerna. Oleh sebab itu, ubi jalar merupakan sumber energi dan efektif untuk membangun otot. Bagi Anda yang tidak percaya diri karena tulang-tulang menonjol ke permukaan kulit, cobalah mengkonsumsi makanan super ini. Cara ini tidak menghasilkan efek samping apa pun sehingga lebih aman daripada mengkonsumsi suplemen pembangun otot.

Mengatasi artritis
Kandungan betakaroten, magnesium, seng, dan vitamin B kompleks menjadikan ubi jalar sebagai pilihan yang tepat untuk mengatasi artritis. Air rebusan ubi jalar bisa dioleskan pada persendian untuk meredakan sakit akibat artritis.

Mengatasi bronkitis
Bronkitis adalah suatu peradangan pada cabang tenggorokan. Kandungan vitamin C, zat besi, dan nutrisi lainnya membantu menyembuhkan bronkitis. Ubi jalar juga dipercaya bisa menghangatkan tubuh (mungkin karena rasa manis serta nutrisi lainnya).

Mencegah kanker
Kandungan betakaroten, antioksidan, antikarsinogen utama, dan vitamin C, sangat penting untuk menyembuhkan berbagai jenis kanker, terutama kanker kolon, usus halus, ginjal, dan kanker pada organ dalam lainnya.

Sistem imun tubuh
Ubi jalar sangat kaya akan beta karoten, antioksidan utama, serta berbagai nutrisi lain seperti vitamin C, vitamin B kompleks, zat besi, dan fosfor. Hal ini menjadikan ubi jalar sebagai penguat imun yang hebat.

Menjaga keseimbangan cairan tubuh
Serat dalam ubi jalar akan membantu menahan air, sehingga keseimbangan cairan dalam tubuh dapat dipertahankan. Sementara keuntungan lainnya adalah ubi jalar sangat baik bagi kesehatan pembuluh darah vena dan arteri. Konsentrasi betakaroten yang tinggi serta fosfor sangat baik bagi kesehatan mata dan kardiovaskular.

Mengobati bisul, caranya ambil 10 gram daun ubi jalar yang masih segar ditumbuk sampai lumat lalu ditempelkan pada bisul.

Rabun ayam, caranya ambil setengah genggam daun ubi jalar merah dicuci bersih dan diblender. Setelah itu, campur dengan 3 sendok makan air masak dan 2 sendok makan madu. Kemudian diperas dan disaring. Minumlah air ramuan yang sudah disaring tersebut sebanyak 3 kali sehari sampai sembuh.

Diabetes melitus, caranya ambil 100 gram ubi jalar, 50 gram biji alpukat, dan 15 gram kulit labu bligo (benincasa hispida) direbus dengan 1 liter air hingga tersisa setengah, saring dan diminum airnya, sedangkan umbinya dimakan.

Mengobati demam berdarah, caranya ambil satu ikat daun ubi jalar direbus dengan satu liter air, setelah dingin, saring dan minum air rebusan tadi sebagai pengganti air minum kira-kira satu liter setiap hari.

Cacingan dan susah BAB, caranya ambil daun ubi jalar secukupnya. Daun tersebut kemudian dicuci bersih dan dibuat jus lalu diminum. Selain itu, bisa juga dilakukan dengan merebus daun ubi jalar dan meminumnya.

Sakit tenggorokan, caranya minum air seduhan bubuk ubi jalar putih. Bubuk ini diperoleh dari ubi yang dikeringkan dan ditumbuk hingga halus.
Mengenal Ragam Manfaat Daun Ketela Rambat untuk Kesehatan TubuhTitle : Mengenal Ragam Manfaat Daun Ketela Rambat untuk Kesehatan Tubuh ~ unikposts
Description : Ketela rambat atau ubi jalar (Ipomoea batatas) merupakan sejenis tanaman budidaya yang dimanfaatkan akarnya untuk membentuk umbi dengan ka...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|