10/15/2014

Mengulik Khasiat Daun Sembung untuk Kesehatan Tubuh

Mengulik Khasiat Daun Sembung untuk Kesehatan Tubuh -
unikposts -
Sembung adalah jenis tanaman perdu yang bernama ilmiah Blumea Balsamifera. Sinonimnya adalah Baccharis Salvia Lour, Conyza Balsamifera Linn, dan Pluchea Balsamifera. Beberapa kandungan kimia yang terdapat di dalamnya terdiri dari borneol, cineole, limonene, dan dimenthyl ether phloroacetophenone, glukosida, asam palmitin, minyak siri, dan zat bergetah (untuk kapur barus).
Sembung
Daun Sembung
Daun segarnya mengandung borneol, rasanya asam, sedikit pahit, agak hangat, dan harum. Tumbuhan yang berasal dari Nepal ini hidup ditempat terbuka sampai agak terlindung di tepi sungai.dapat tumbuh di tanah berpasir atau tanah yang lembab sampai pada ketinggian 2.200 mdpl. Tinggi tumbuhan dapat mencapai 4 meter, dan terdapat percabangan pada ujungnya.

Sembung yang berasa pedas, sedikit pahit, hangat dan baunya seperti rempah ini berkhasiat sebagai antibakteri, melancarkan peredaran darah, menghilangkan pembekuan darah dan pembengkakan, karminatif, diaforetik, menghilangkan dahak (ekspektoran), astrigen, tonikum dan obat batuk. Bagian yang Digunakan adalah daun dan akar muda dari tumbuhan yang belum berbunga dan segar atau yang telah dikeringkan.Berikut ini kami rangkum untuk Anda, beberapa khasiat dan manfaat daun sembung bagi kesehatan yang perlu untuk diketahui.

1. Diare
Diare merupakan gejala dari luka, penyakit, alergi (fructose, lactose), kelebihan vitamin C, dan mengkonsumsi jenis buah-buahan tertentu. Biasanya disertai sakit perut dan seringkali mual dan muntah. Untuk mengatasinya, ambil daun sembung segar sebanyak 1 genggam dan dicuci bersih. Tambahkan 3 gelas air bersih lalu direbus sampai airnya tersisa 1 setengah gelas. Tambahkan sedikit madu, lalu diminum 3 kali sehari, masing-masing setengah gelas.

2. Perut kembung
Perut kembung biasanya ditandai dengan rasa 'penuh' pada perut dan jika ditepuk, maka perut berbunyi seperti gendang. Untuk mengatasinya, ambil daun sembung segar sebanyak 20 gram dan dicuci bersih. Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 3/4 nya. Tambahkan sedikit madu. Kemudian siap diminum sehari 3 kali, masing-masing 3/4 gelas.

3. Demam
Demam adalah suatu keadaan ketika suhu badan melebihi 37°C yang disebabkan oleh penyakit atau peradangan. Untuk menyembuhkan dan menurunkan panas tubuh ketika demam, ambil daun sembung segar sebanyak 15 gram dicuci lalu direbus dengan 1 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin disaring. Hasil saringan diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

4. Rematik
Rematik (rheumatoid arthritis) adalah terjadinya proses peradangan pada selaput bagian dalam kapsul pembungkus sendi, sehingga sendi membengkak dan terasa nyeri. Ini merupakan salah satu penyebab nyeri sendi, khususnya sendi-sendi kecil di daerah pergelangan tangan dan jari-jari. Untuk mengatasinya, ambil akar sembung 30 gram dan daun gandarusa 60 gram dicuci dan dicuci bersih. Rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring dan diminum 2 kali sehari, masing-masing setengah gelas.

5. Selera makan menurun
Penyebab menurunnya selera makan dapat disebabkan oleh influenza, demam tifus, malaria, atau peradangan. Untuk mengatasinya, akar sembung dari tumbuhan yang belum berbunga sebanyak 30 gram dicuci lalu dicuci bersih. Seduh dengan secangkir air panas. Setelah dingin disaring, kemudian diminum.

6. Angina pektoris
Angina pektoris atau disebut juga Angin Duduk adalah penyakit jantung iskemia didefinisikan sebagai berkurangnya pasokan oksigen dan menurunnya aliran darah ke dalam miokardium. Untuk mencegah penyakit ini, ambil daun sembung segar sebanyak 5 lembar dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 3/4 nya. Setelah dingin disaring lalu diminum sehari 3 kali, masing-masing 3/4 gelas. Lakukan setiap hari.

7. Gatal-gatal
Penyebab gatal adalah beberapa penyakit kulit seperti, lesi pada sistem saraf pusat, ataupun penyakit sistemik seperti gagal ginjal dan penyakit hati. Gatal yang hanya terlokalisir pada suatu daerah di kulit biasanya tidak disebabkan oleh penyakit sistemik. Untuk mengatasinya, ambil daun kering sebanyak 10 - 15 gram atau daun segar sebanyak 15 - 25 gram direbus, dan air rebusan minum. Untuk pemakaian luar, daun segar direbus dan airnya digunakan untuk mengobati wasir, memar, bisul, radang kulit dan gatal-gatal pada kulit.

Tips - Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, merebus daun sembung sebaiknya dilakukan dalam panci tertutup supaya minyak asiri yang terkandung di dalamnya tidak menguap.
Mengulik Khasiat Daun Sembung untuk Kesehatan TubuhTitle : Mengulik Khasiat Daun Sembung untuk Kesehatan Tubuh ~ unikposts
Description : Sembung adalah jenis tanaman perdu yang bernama ilmiah Blumea Balsamifera . Sinonimnya adalah Baccharis Salvia Lour, Conyza Balsamifera Lin...
Rating : 4.7 stars based on 9887 duration 1 hour 35 minutes lifetime reviews
advertisement

No comments:

|Mobile version|Site Map|Disclaimer|Privacy Policy|Contact Us|TOS|Versi www|